Jokowi jkHMINEWS.Com –  Jokowi-Jusuf Kalla telah mengumumkan, akan ada 34 kementrian di kabinetnya. Menteri-menteri yang duduk akan berasal dari kalangan profesional dan partai, yang disebutnya profesional partai.

“Telah kita rumuskan jumlah kementeriannya ada 34 yang nanti akan diisi oleh 18 profesional dan 16 profesional partai,” kata Jokowi didampingi Jusuf Kalla di Kantor Transisi, Jalan Situbondo Menteng Jakarta Pusat, Senin (15/9/2014) petang.

Jokowi juga mengatakan, jumlah Menko (menteri koordinator) tetap ada. “Menko tetep tiga,”lanjutnya.

Meski telah diumumkan jumlah dan komposisinya, akan tetapi Jokowi-JK belum menetukan nama-nama calon menteri yang dimaksud. Menurutnya masih ada waktu sebulan untuk mematangkan hal tersebut, juga karena sejumlah nama masih belum sesuai.

Selain itu nanti akan ada kementerian yang mengurusi persoalan kemaritiman dan kementerian yang mengurusi masalah kependudukan. Ia berharap waktu yang masih ada dapat dimaksimalkan dengan partisipasi masyarakat memberikan masukan.

“Untuk terciptanya pemerintahan yang bekerja dan hadir di tengah-tengah rakyat dan pemerintahan yang berkonsolidasi,” ujarnya.