HMINEWS.COM

 Breaking News

Penguatan Akademik Melalui Roadmap Penelitian

September 03
10:57 2014

HMINEWS.Com – Keunggulan sebuah perguruan tinggi dapat dilihat dari produktivitas penelitian dan publikasi karya ilmiah. Saat ini pergurun tinggi di Indonesia tengah berlomba-lomba mengembangkan tradisi akademik, pada umumnya, dan meningkatkan mutu penelitian dengan pelbagai skema dan program yang disediakan untuk para dosen dan penelitinya.

Di tengah gairah penelitian yang semakin meningkat di kalangan para dosen dan peneliti, kebutuhan lain untuk memperkuat mutu penelitian adalah dengan penyusunan roadmap (peta jalan) penelitian yang jelas untuk para dosen, program studi serta penyusunan penelitian unggulan perguruan tinggi.

Hal ini disampaikan oleh Hilman Latief, Ph.D. dalam Workshop Roadmap Penelitian yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Ilmu Sosial dan Humaniora (PPISH) UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan AIFIS (American Institute for Indonesian Studies), pada hari Jumat, 29 Agustus 2014 di UIN Sunan Kalijaga. Hilman Latief adalah alumnus Western Michigan University, Amerika, dan Utreech University, Belanda, yang kini menjadi Kepala Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dalam kesempatan tersebut, Hilman menjelaskan beberapa manfaat bagi akademisi, dosen, dan peneliti untuk mengembangkan roadmap penelitian, yaitu penelitian individual lebih terarah; potensi dosen dan orientasi program studi (jurusan) bisa diselaraskan; kesesuaian roadmap individu, prodi dan universitas bisa terbaca; serta mencetak para spesialist atau pakar di bidang yang khusus.

Lebih lanjut, Hilman menyampaikan bahwa dalam penyusunan roadmap penelitian baik untuk individu, program studi, fakultas maupun universitas perlu melihat kembali topik-topik penelitian yang sudah dan sedang diteliti. Selanjutnya, sangat penting untuk menentukan topik-topik penelitian pada masa yang akan datang sebagai bentuk pengembangan dari topik-topik penelitian yang sudah diteliti. Dengan mengembangkan roadmap penelitian, bagi seorang individu dosen atau peneliti akan terbantu dalam membangun suatu kepakaran atau spesialisasi dalam suatu topik yang menjadi minat penelitiannya.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.