Pleno di TangerangHMINEWS.Com – Pleno II Pengurus Besar HMI MPO telah digelar di Kabupaten Tangerang. Bertempat di Pusdiklat Pemda Kabupaten Tangerang, 21-23 Juni 2014 lalu.

Perwakilan Cabang-cabang HMI menyoroti sejumlah  hal, utamanya masalah perkaderan yang disinyalir melemah. Indikasi melemahnya perkaderan itu, di antaranya adalah stagnan-nya jumlah kader di sejumlah cabang, sedikitnya kegiatan, dan mulai munculnya konflik perebutan kekuasaan dalam suksesi kepemimpinan cabang, padahal selama ini hal tersebut di HMI MPO ditabukan.

Secara kelembagaan, Korps Pengader Nasional (KPN) sebagai ujung tombak perkaderan pun, sejak dibekukan pada kepengurusan sebelumnya, hingga kini belum diaktifkan kembali. Hal itu juga terjadi pada lembaga-lembaga lain seperti LDMI, LEMI, LBH, dan formaturiat hasil Musyawarah Badko yang tidak segera disahkan.

Salah satu cabang di Sumatra Utara, HMI Asahan menyampaikan agar sejumlah cabang yang statusnya dibekukan juga diaktifkan dan perkaderannya digalakkan kembali.

Sedangkan mengenai situasi eksternal, yaitu berkenaan dengan dekatnya pelaksanaan Pilpres 2014, HMI MPO secara kelembagaan tetap netral dan tidak memihak salah satu pasangan capres-cawapres yang akan bersaing.

Daus