Jakarta (2/6) Hasil survey yang dilakukan melalui Google Trends mengindikasikan bahwa Jokowi dan Prabowo bersaing sangat ketat, bahkan trend di hari ini menunjukkan peningkatan isu tentang Prabowo di media sosial.

Jokowi vs prabowo

Sementara isu yang menjadi perhatian pokok utama terkait kasus HAM yang pernah menimpa Prabowo. Disatu sisi Jokowi mengalami tren negatif, karena beberapa waktu yang lalu ‘black campaign’ isu Agama dan Ras menjadi penghambat tren positif Jokowi. Google Trends dapat dijadikan indikator bahwa popularitas Calon Presiden dapat diprediksi berdasarkan isu atau berita populer di media sosial.

Seperti yang dapat dilihat dari penelusuran terkait isu miring yang mengindikasikan bahwa Jokowi adalah keturunan Cina dengan isu kasus pelanggaran HAM Prabowo. Setelah diklarifikasi langsung oleh Jokowi dalam Musyawarah Muslimat NU beberapa waktu yang lalu bahwa nama ‘H’ di depan Joko Widodo merupakan singkatan dari Haji bukan Herbertus seperti yang dilakukan oleh orang yang tidak jo probertanggung jawab. Spontan, isu bahwa Jokowi keturunan Cina dikalahkan oleh isu pelanggaran HAM Prabowo.

Momentum di bulan Mei yang mengingatkan masyarakat tentang peristiwa Trisakti 1998 menjadi pukulan bagi elektabilitas Prabowo. Isu negatif ini berada di puncak tren dibandingkan dengan isu Ras dan Agama yang menyerang Jokowi. Keterangan dari berbagai saksi tindak penculikan yang dilakukan oleh Tim Mawar Kopassus di tahun 1997-1998 sekali lagi berpengaruh terhadap tren Prabowo di media sosial.

Penggunaan Google Trends untuk memprediksi elektabilitas atau isu yang sedang berkembang bukanlah hal yang baru. Bahkan tim sukses para calon presiden sudah menggunakan program yang lebih canggih, tujuannya jelas agar tim dapat memantau isu yang sedang berkembang, memberikan pukulan balik, atau sekedar klarifikasi. Kemajuan pesat media sosial yang didukung naiknya pengguna internet menjadi bukti bahwa gap antara pemilihan di sosial media dan realita data di TPS semakin sempit. Mereka yang memenangkan media sosial, bisa jadi pemenang di kotak suara.