Makassar – Forum islah yang digagas kubuh KLB HMI MPO Cabang Makassar berujung pemukulan terhadap Ketua Umum HMI MPO Cabang Makassar hasil Konferensi ke-47, Hamsa Rahakbau. Menurut Hamsa, pemukulan dilakukan oleh mantan Ketua Badko Sulambanusa, Ashari Burhan, setelah kubu KLB tidak berhasil memaksa Hamsa menyerahkan jabatannya sebagai ketua umum dengan mengakui ketua umum hasil KLB (konferensi luar biasa).

“Disela-sela perbincangan mengenai perkaderan dan kondisi internal HMI MPO cabang Makassar, diskusi pun semakin alot dan lebih mengarah pada permasalahan internal. Ekstrimnya, pihak pro KLB meminta Hamsa Rahakbau sebagai ketua umum yang sah untuk menyerahkan jabatannya kepada pihak pro KLB, tetapi Hamsa Rahakbau tetap mempertahankan status kepengurusannya yang sah dan menawarkan solusi untuk konferensi kembali demi persatuan dan kesatuan di tubuh HMI MPO Cabang Makassar; Tawaran Hamsa Rahakbau mengenai pelaksanaan konferensi kembali bukanlah sebuah pengakuan keabsahan KLB yang cenderung di salah tafsir oleh pihak terkait, melainkan sebagai upaya yang untuk menurunkan ketegangan yang selama ini terjadi. Tawaran solutif tersebut tidak di terima, bahkan menuai amarah Ashari Burhan hingga  berujung pada pemukulan kepada Hamsa Rahakbau selaku ketua umum. Setelah terjadi pemukulan, Hamsa Rahakbau dikandang paksa untuk membuat surat pernyataan sikap, yang salah satunya berisi penyerahan jabatan kepada pihak pro KLB” demikian keterangan Hamsa yang dikirim ke email PB  HMI MPO pada 15 Mei 2014.

Dan benar, setelah kejadian ini, kubu KLB mengklaim bahwa Ketua Umum Cabang Hasil Konferensi ke-47 telah menyerahkan kepemimpinannya. Sebagai akibat dari hal tersebut, Ketua Umum HMI MPO Cabang Makassar yang sah dan diakui PB mengeluarkan surat keputusan, berisi pemecatan dan skorsing terhadap sejumlah kader yang terlibat dalam pemukulan tersebut.

Surat Kepututusan tersebut bernomor 001/A/KPTS/07/1435 bertanggal 15 Rajab 1435 H atau 15 Mei 2014 ditandatangani Hamsa Rahakbau sebagai Ketua Umum dan Muslimin sebagai Sekretaris Umum HMI MPO Cabang Makassar.

Berikut daftarnya:

NAMA-NAMA YANG DI PECAT

  1. Irfan Safari
  2. Najamudin Arfah
  3. jusnawati
  4. Baihaki Zakariah
  5. Hirjayadi
  6. Ashari burhan

NAMA-NAMA YANG DI SKORSING

  1. Sahriana ( 8 Bulan )
  2. Arkam ( 8 Bulan )
  3. Abul Khair ( 8 Bulan )
  4. Muhajir ( 8 Bulan )
  5. Irwansyah ( 8 Bulan )
  6. Shodikin ( 8 Bulan )
  7. Abrar (8 Bulan )
  8. Sampean ( 8 Bulan )
  9. Sahrul Ramadhan ( 8 Bulan )