Jakarta (16/5) Musda BADKO SULAMBANUSA (Badan Koordinasi Sulawesi Bagian Selatan,Tenggara, Barat,Maluku,Bali,dan Nusa Tenggara) rencananya akan digelar tanggal 18 Mei 2014 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya akan digelar seminar nasional dengan tema “Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih dan Mandiri” dengan menghadirkan pembicara diantaranya Abdulah Hehamahua, Syamsudin Alimsah (Ketua KOPEL Nasional), Wakil Walikota Kendarai, Kapolda Sulawesi Tenggara dan Ketua Umum PB HMI MPO.

Secara internal HMI, Musda ini juga akan menggagas ulang nama Badko yang baru sebab Provinsi Maluku sebagaimana amanat kongres di bogor bahwa Maluku dan Papua akan membentuk satu Badko. Di Papua sendiri ada 2 cabang yakni Jayapura dan Sorong sementara Maluku terdapat Cabang Ambon dan Cabang Tual. Tujuan dari bersatunya Cabang-Cabang di wilayah Maluku dan Papua dalam satu Badan Koordinasi agar memudahkan komunikasi serta informasi dari daerah ke pusat ataupun sebaliknya.

Diharapkan dengan adanya Badko baru ini, Kader HMI yang berada di wilayah Timur Indonesia dapat bergerak secara lebih terkoordinasi. Dan tidak terjadi mis-komunikasi antara PB HMI dan Cabang-cabang di daerah Maluku dan Papua.