Jakarta (14/4) Bertempat di galeri cafe TIM (Taman Ismail Marzuki), Jakarta Pusat, PB HMI (MPO) 14 April 2014 pukul 20.00 – 23.00 menggelar Dialog Politik Islam dengan tema Meretas Jalan Koalisi Partai Islam. Dialog yang pada awalnya terjadwal akan hadir perwakilan partai-partai Islam sampai acara digelar hanya dari PBB dan PPP yang dapat menghadiri dialog tersebut.

Akibat ketidakhadiran dari perwakilan Partai Islam di acara dialog, lalu peserta dialog yang hadir lebih dari 100 orang mewakili beragam aliansi dan kelompok ke-Islam-an meminta untuk melakukan pembentukan koalisi ummat dan pemuda guna mendorong partai Islam untuk berkoalisi. Sebagian besar peserta kecewa dengan batalnya para narasumber ini. Merespon suara para peserta, wakil LITBANG DPP PPP mendukung sepenuhnya ikhtiar pembentukan koalisi ummat. Koalisi ummat dianggap strategis karena akan memberikan kepercayaan kepada partai Islam sekaligus bentuk kontrol kepada partai Islam.

Sementara menurut Ketua Umum PB HMI kealpaan beberapa perwakilan partai Islam ini seharusnya dapat dibaca secara politik, “Karena ini adalah dialog politik, sehingga saya memberikan kebebasan sepenuhnya kepada peserta untuk berspekulasi atas ketidak hadiran perwakilan partai ini, dari sisi panitia dalam hal ini PB HMI sudah sangat maksimal untuk menghadirkan perwakilan partai”.