HMINEWS.COM

 Breaking News

Pengurus HMI Cabang Majene Dilantik

October 02
04:05 2013

HMINEWS.Com – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Majene periode 2013-2014 dilantik. Acara dilangsungkan di Auditorium SMKN 2 Majene yang bersebelahan dengan Gedung DPRD Majene, Ahad (29/9/2013).

Seremoni acara dimulai pukul 10.00 WIT, dihadiri oleh kader HMI, alumni, kalangan partai politik, perwakilan Pemkab Majene, dan OKP yang secara keseluruhan berjumlah sekitar 70 orang. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Besar HMI MPO, Puji Hartoyo Abubakar.

Setelah pelantikan dilangsungkan kemudian acara sambutan, pertama dari Ketua HMI Cabang Majene demisioner, Napirman. Ia menjelaskan bahwa Cabang Majene aktif dalam memonitor kinerja pemerintahan daerah.

“HMI Cabang Majene aktif dalam melaukan pengawalan pemerintah Kabupaten Majene, dalam hal ini Kabupaten Majene yang memiliki visi sebagai kota pendidikan di wilayah Timur Indonesia, peran HMI disini terus memonitor berlangsungnya agenda Pemda dalam mensuskeskan visi tersebut. Tidak terkecuali ketika terdapat dinas oknum pendidikan Kabupaten Majene yang terindikasi melakukan korupsi, HMI mengawal kasus tersebut hingga pada akhirnya oknum tersebut dipenjara,” kata Napirman.

Danyak kesempatan, lanjut Napirman, HMI juga mengkritisi kebijakan pemerintah Kabupaten Majene yang tidak sejalan dengan harapan masyarakat, serta turut mensukseskan lahirnya Perda RTRW setempat.

Sedangkan Ketua HMI Cabang Majene terpilih periode 2013-2014, Mas’uddin mengatakan “Mengharapkan adanya kerjasama tim untuk melakukan kerjasama yang lebih baik dari periode sebelumnya dalam mengawal pembangunan daerah, khususnya  dalam rangka menjadikan Majene sebagai ikon Kota Pendidikan. Kader HMI juga perlu terus membangun HMI lebih baik lagi,” kata Mas’uddin.

Selanjutnya pihak yang mewakili Bupati Majene menyampaikan sambutan. “Majene dalam 20tahun yang akan datang kami percaya akan menjadi kota pendidikan di Indonesia Timur, seperti Yogyakarta di Pulau Jawa. Maka dalam tahun ini Kabupaten Majene menganggarkan untuk pendidikan sebesar 38% dari APBD, melebihi batas standar nasional yaitu 20% anggaran.”

Terakhir, sambutan oleh Ketua Umum PB HMI yang menyoroti bahwa pendidikan sebagai dasar bagi semua untuk mencapai kemajuan.

“Dalam sejarahnya peradaban yang maju dan punya budaya mengedepankan pendidikan. Islam sendiri telah memberikan cerita dalam sejarah saat jayanya pada masa Nabi Muhammad hingga akhir dari Khilafah Rasyidah. Islam saat itu menjadi peradaban paling maju dan menjadi kiblat dari peradaban dunia karena Islam maju dalam ilmu, baik ilmu astrologi, arsitektur, matematika, kedoteran, dan sebagainya,” papar Puji Hartoyo.

Mengenang sejumlah tokoh seperti Al Kindi, Ibnu Rusydi, Ibnu Khaldun, Al Khawarizm dan sebagainya, Puji Hartoyo menyampaikan bahwa karya-karya ilmuwan tersebut hingga sekarang masih menjadi rujukan ilmuwan dunia.

Sedangkan apabila mengambil contoh dari peradaban Cina, sebagaimana diketahi bahwa saat Mao Tse Tung berkuasa mengirimkan 7.000 mahasiswa ke seluruh penjuru dunia untuk belajar, dan sekembalinya mereka membangun Cina, dan dalam 20 tahun hasilnya sangat gemilang, Cina menjadi kiblat baru dunia.

“Pertumbuhan ekonomi Cina saat ini tertinggi di dunia. Dalam kesempatan yang bai ini, maka saya sangat mengapresiasi maksud dari pemerintah Kabupaten Majene yang ingin menjadikan Majene sebagai kota pendidikan. Karena dari pendidikanlah sinilah peradaban dibangun,” lanjutnya.

Selepas seremoni dilanjutkan seminar demokrasi mengangkat tema “Peran Lembaga Eksekutif, Legislatif dan gerakan civil society dalam penyelenggaraan pemilu 2014 dengan pembicara dari Pemkab dan DPRD Majene serta Ketua Umum PB HMI MPO.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.