HMINEWS.Com – Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI MPO bersiap menggelar Musyawarah Nasional (Munas), 25-27 Oktober 2013 di Yogyakarta.

Sebagai tuan rumah, HMI Cabang Yogyakarta menunjuk Wicaksono sebagai Ketua Panitia kegiatan tersebut.

Munas tahun ini mengangkat tema “Mengembalikan Fungsi Kontrol Pers yang Sehat.” Dijelaskan dalam acuan kegiatan, tema tersebut menyoroti kebebasan dan netralitas pers Indonesia masa kini, terlebih di ‘tahun politik’ menjelang Pemilu 2014.

“Erat kaitannya sebagai kekuatan pengontrol kekuasaan, pers memang harus kritis. Tetapi kekritisan tersebut kini sering kebablasan dan campur aduk, sebab pers tidak hanya bersuara terhadap penyimpangan yang dilakukan kekuasaan, mencerdaskan masyarakat dengan informasi yang dimilikinya, tetapi institusi pers sendiri juga bisa menyimpangkan kekuasaannya tersebut dengan memelintir berita berita yang disuguhkan kepada khalayak.”

Munas LAPMI mengagendakan pembahasan AD/ART LAPMI, program kerja, seminar dan musyawarah untuk memilih 3 orang formatur Koordinator Nasional LAPMI.

Sebagai even nasional, semua cabang HMI MPO se-Indonesia juga diundang, meskipun cabang yang belum memiliki LAPMI sehingga mereka bisa berkontribusi dan kemudian dapat membentuk LAPMI di tingkat cabang masing-masing.

Peserta pun tidak dibatasi untuk jurnalis HMI, tetapi anggota HMI yang ingin turut berbagi atau mengkontribusikan ilmunya, misalnya yang ingin berbagi ilmu mengenai IT untuk pengembangan jurnalisme di HMI, termasuk dalam mengembangkan hminews.com agar lebih baik lagi.