KKN kebangsaan 2013 UNSYIAH & UNSRI kelompok 233 Teupin Batee (foto dari blognya Ernifa)

HMINEWS.Com – 218 mahasiswa dari 31 kampus di seluruh Indonesia akan mengikuti “KKN Kebangsaan 2013” yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng. Dengan tema Nasionalisme dan Ketahanan Pangan, KKN Kebangsaan ini akan dilaksanakan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Eremerasa, Pajukukang, dan Uluere.

Pada acara pembekalan umum kepada mahasiswa Indonesia yang akan mengikuti KKN Kebangsaan, Jumat (25/10/2013) di Aula RS Pendidikan UNHAS,  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Roy Suryo  menjadi salah satu pembicara di hadapan ratusan mahasiswa peserta KKN.

Roy Suryo dalam ceramahnya mengungkapkan, kegiatan KKN Kebangsaan ini mengingatkannya dengan peristiwa Sumpah Pemuda yang juga menyatukan pemuda dari seluruh Indonesia seperti Jong Java, Jong Sumatera, Jong Celebes Jong Kalimantaan, Jong Ambon dan ‘jong-jong’ lainnya.

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap kalian bisa mengaplikasikan bidang ilmu kalian untuk masyarakat,” ujar alumnus Ilmu Komunikasi UGM tersebut.

Roy Suryo juga berpesan kepada mahasiswa agar meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dan menghindari perilaku mengabaikan bangsa. Selain itu, ia juga mengharapkan para mahasiswa menanamkan perilaku santun kepada masyarakat yang akan mereka temui di lokasi KKN.

Lebih jauh Roy Suryo memaparkan, KKN Kebangsaan ini  merupakan tradisi lama universitas yang digagas oleh empat perguruan tinggi yakni UNHAS, UGM, UNDALAS dan IPB. “Namun, KKN Kebangsaan ini menjadi berbeda karena menyatukan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi,” ungkapnya.

[Buletinsia]