HMINEWS.COM

 Breaking News

Rasyid Baswedan Tutup Usia

September 14
12:37 2013
HMINEWS.Com – Kabar duka menyelimuti keluarga Presidium KAHMI Anies Baswedan. Ayahanda Anies Baswedan, Rasyid Baswedan meningal dunia tadi pagi jam 4.30 WIB (Jumat, 23/9/2013) di kediamannya di Gang Grompol No 18 Jalan Kaliurang Km 5, Yogyakarta. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito setelah mengalami stroke beberapa lama.
“Almarhum akan di shalatkan di Masjid Al Ittihad dan akan disemayamkan pukul 14.00 di auditorium Universitas Islam Indonesia (UII) untuk selanjutnya dismakamkan di pemakaman UII Jl. Kaliurang KM 13 Yogyakarta”, demikian keterangan Ridwan Baswedan, adik kandung Anies Baswedan melalui blackberry.
Almarhum Rasyid Baswdan adalah dosen di Fakultas Ekonomi dan juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor UII. Semasa hidupnya, Almarhum banyak mensuport perkaderan HMI. Rumahnya yang sederhana di Jl. Kaliurang bahkan menjadi tempat berguru bagi para aktivis HMI Yogyakarta.
Almarhum merupakan anak dari Abdul Rahman Baswedan atau biasa dikenal dengan sebutan AR Baswedan, salah seorang tokoh pendiri Partai Arab Indonesia dan pernah menjabat sebagai Menteri Muda Penerangan pada tahun 1946. Pada 4 Oktober 1934 di Semarang, Jawa Tengah, ia bersama beberapa aktivis keturunan Arab menggelar Hari Kesadaran Indonesia-Arab. Kejadian ini juga dikenal dengan Sumpah Pemuda Keturunan Arab. A.R. Baswedan juga merupakan salah seorang anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.