HMINEWS.Com – Enam orang kader HMI MPO Cabang Sleman, Yogyakarta, melakukan perjalanan muhibah ke alumni-alumni mereka di Jakarta. Dipimpin langsung oleh ketua cabang, Hafidz Arfandi, delegasi yang terdiri dari pengurus cabang dan perwakilan beberapa komisariat di UGM tersebut menyempatkan diri untuk beraudiensi dengan para mantan aktivis HMI Cabang Sleman yang berkarir di Jakarta.

Kali ini audiensi dilaksanakan di sekretariat KAHMI Jl. Turi I/14 Kebayoran Baru, Jakarta. Sekjend KAHMI yang juga alumni HMI UGM, Subandrio bahkan menyempatkan untuk menyambut kader-kader muda dari Yogyakarta tersebut.

Dalam pengantarnya, Ketua HMI Cabang Sleman Hafidz Arfandi mengabarkan berita gembira mengenai pesatnya perkembangan HMI di UGM. Menurut Hafidz, selama satu tahun belakangan ini terjadi trend kenaikan jumlah peminat untuk bergabung di HMI. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kader yang mengikuti pelatihan basic training HMI. Selama tahun 2013 ini sudah tercatat 143 kader baru direkrut melalui 6 kali angkatan basic training.

“Jadi kalau di rata-rata, sekali training ada 20-25 peserta”, kata Hafidz yang ketika SMA juga aktif di PII.

Lebih lanjut Hafidz menyampaikan, dari 18 fakultas yang ada di UGM, HMI memiliki komisariat di 15 fakultas, termasuk di fakultas vocasional. Sayangnya, situasi yang kondusif tersebut belum diimbangi dengan perkembangan di kalangan Kohati (HMI-wati). “Sebenarnya banyak juga kader Kohati, misalnya di komisariat Ekonomi dan Komisariat Geografi, namun rata-rata mereka lebih banyak pasif. Sampai saat ini belum terlihat muncul sosok leader perempuan di HMI Sleman,” ungkapnya.

Menyambut paparan Hafidz tersebut, mantan ketua HMI Sleman periode awal Ayib Rudi menyampaikan kegembiraannya. “Saya bersyukur HMI Sleman bisa semakin maju, mari kita terus dorong agar semakin berkembang,” kata alumni Kehutanan yang kini menekuni bisnis di Jakarta tersebut.

Ayib juga menyampaikan, bahwa sudah semestinya para alumni mendukung kegiatan-kegiatan adik-adiknya di HMI Sleman. “Selain dukungan dalam bentuk materi, mustinya alumni juga bisa menunjukkan prestasi dan menginspirasi kader,” katanya lagi.

Sabtu (14/9) rombongan tersebut bertandang ke PB HMI MPO di Jagakarsa, Jakarta Selatan, bertemu dengan Ketua Umum, Puji Hartoyo dan para pengurus lain yang tengah rapat.