HMINEWS.Com – Jelang Munas Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI), sejumlah kru mengadakan pertemuan membahas strategi baru jurnalisme HMI. Pertemuan diadakan di rumah salah seorang mantan pengurus LAPMI PB HMI MPO, Muhammad Syukur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2013).

Di antara yang hadir ada Muhammad Chozin (Keta Umum PB 2009-2011), Busthomi Rifai (Kornas LAPMI 2009-2011), Ariwan Hastoro, Sunardi Panjaitan (Dir hminews 2009-2011) dan

Hal-hal yang menjadi bahan pembicaraan, di antaranya tren terbaru dunia social media (socmed) yang begitu cepat berubah dan memunculkan demikian banyak dan beragamnya gerakan baru yang menggunakan sarana tersebut, mulai dari revolusi, sampai gerakan kemanusiaan yang menjamur di seluruh belahan dunia.

Muhammad Syukur berharap komunitas HMI mampu memanfaatkan socmed yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh gerakan mahasiswa Indonesia pada umumnya. Selain itu, hal penting yang harus dilakukan adalah mengukur sejauh mana tingkat ‘melek internet dan socmed‘ anggota HMI di seluruh Indonesia. Adapun mengenai posisi hminews sebagai media yang dimiliki HMI, ia berharap para pengurus LAPMI dan kru hminews harus mampu membuat ‘positioning’ media tersebut di tengah arus besar media yang ada di Indonesia.

Chozin melontarkan ide agar hminews dan juga LAPMI melakukan rekrutmen terbuka, yang tidak dibatasi hanya bagi kader HMI, tetapi juga mahasiswa umum, yang penting bisa berkontribusi memajukan dunia jurnalistik. Jadi, tidak selalu anggota HMI yang kemudian ditempatkan di lembaga kekaryaan ini, tetapi dari lembaga inilah yang juga bisa memasok kader, dengan tetap fokus pada perkaderan di bidang jurnalistik.

Diusulkan pula, dalam Munas LAPMI nanti untuk mengundang tidak hanya anggota LAPMI Cabang-cabang, tetapi juga kader-kader atau anggota HMI -yang bukan atau belum menjadi anggota LAPMI, tetapi tertarik untuk mengembangkan profesi jurnalistik, termasuk anggota yang mempunyai kemampuan di bidang IT, desain dan yang berkaitan.

Dalam Munas itu juga, perlu digelar seminar, training atau workshop bagi kader-kader HMI mengenai jurnalistik, pemanfaatan media sosial untuk gerakan kaum muda, pemasaran dan mengundang orang-orang yang ahli di bidangnya.

Semoga terwujud dalam Munas LAPMI yang diagendakan Oktober 2013 di Yogya.