HMInews.com, Kuala Lumpur- Pada tanggal 14-16 Oktober 2013 mendatang Global Peace Mission (GPM) yang berada di bawah organisasi ABIM (Angkatan Belia Islam Malaysia) berencana mengadakan kegiatan kemanusiaan di Pattani. Ini merupakan kali ke-3 acara yang sama setelah sebelumnya HMI diundang untuk mengunjungi Patani, Thailand Selatan tahun 2012 lalu.

Kerjasama antara aktivis trans-nasional ini bertujuan untuk membantu saudara di Patani yang menderita karena konflik dengan Pemerintah Thailand yang mayoritas beragama Budha. Konflik berkepanjangan yang menelan korban 5.700 orang ini telah terjadi selama 10 tahun.

Menurut salah satu panitia GPM, pendaftaran acara ini hanya 250 RM per orang atau sekitar 750 ribu rupiah. Diharapkan perwakilan dari gerakan Islam di Indonesia dapat mengikuti acara tersebut.

Secara detail, peserta akan diajak untuk melihat lokasi pasca konflik, berdiskusi dengan korban, saksi mata, maupun memberikan bantuan langsung kepada penduduk Patani. Peserta berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia bersama delegasi lainnya.