HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Komisariat IAIN Mataram mengadakan kegiatan Latihan Kader I (Basic Trainning). Dimulai sejak Jum’at (27/9/2013) sore bertempat di Pondok Pesantren Al Manar, Mataram.

LK1 tersebut mengangkat tema “Meningkatkan Budaya Membaca Kader, Berjiwa Ulul Albab dan Turut Bertanggungjawab atas Terwujudnya Masyarakat yang Diridhai Allah” dan diagendakan sampai hari Senin (30/9/2013).

Dalam sambutanya, ketua panitia, Yusuf, mengatakan tema tersebut sengaja diangkat karena minat baca dan diskusi kader HMI yang dinilai mulai menurun.

“Padahal baca dan diskusi adalah proses lanjutan dari perkaderan untuk melahirkan kader-kader yang cerdas dan kritis,” tandasnya.

Acara tersebut dibuka oleh ketua HMI MPO Cabang Mataram, Sahril. Pada acara pembukaan Sahril berpesan kepada semua peserta agar tetap konsisten dalam kegiatan membaca, berdiskusi, bahkan menulis sebagai modal untuk menjadi kaum intelektual.

Walaupun  dilaksanakan dalam bentuk sederhana namun substansi nilai perkaderan HMI tidak berkurang, itu dapat dilihat dari keseriusan dan semangat peserta maupun pemandu dalam mengikuti acara tersebut. Peserta berjumlah 27 orang dari berbagai fakultas yang ada di IAIN Mataram.

Latihan Kader I merupakan yang ketiga kalinya setelah HMI Komisariat IAIN Mataram berstatus sebagai komisariat penuh. Sebelum berstatus komisariat penuh, Komisariat IAIN hanya mengirim anggota mudanya ke Komisariat lain untuk dikaderkan.

Dedi Ermansyah