HMINEWS.COM

 Breaking News

Tips Meraih Beasiswa LPDP

August 19
21:32 2013

 

Berita yang cukup menggemparkan terdengar di awal tahun 2013, saat itu recruitment peserta beasiswa S2, S3 Luar dan Dalam Negeri di umumkan oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang berada di bawah Departemen Keuangan RI. Beasiswa LPDP merupakan kerjasama antara tiga kementerian, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional RI. Dana yang digunakan untuk beasiswa ini merupakan endowment fund atau dana yang berasal dari hasil keuntungan investasi dana abadi Pemerintah. Selain digunakan untuk beasiswa S2 dan S3, LPDP juga membuka recruitment dana penelitian. Jumlah yang diberikan pun sangat besar, 40 Trilliun. Oleh karena itu redaksi HMInews.com yang memperoleh informasi dari salah satu peserta yang berhasil lolos program LPDP memberikan sedikit tips:

Pendaftaran

1.       Cara mendaftar program LPDP cukup mudah, namun ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan persiapan awal, yaitu:

a.      Pastikan nilai TOEFL ITP berada di atas 550 untuk program S2 dan S3 luar negeri, serta 500 untuk program dalam negeri. Bagi yang ingin melanjutkan studi ke Australia, Inggris dan beberapa negara di Eropa dapat melampirkan skor IELTS (biasanya minimal 6.5, dengan tidak ada nilai dibawah 5.5).

b.    Disarankan untuk memperoleh LOA (Letter of Acceptance) atau Letter of Offer (baik Unconditional maupun Conditional) dari Universitas yang dituju. Jika mengambil program Master atau Doctor by Research biasanya harus mendapatkan dua Letter of Acceptance (LOA) baik dari Professor (pemimbing) di Universitas yang dituju dan LOA dari Fakultas yang bersangkutan. Kasus seperti ini banyak ditemui jika ingin studi di Jepang. Tips lainnya, ketika mendaftar pada universitas yang dituju sebaiknya yang berjarak 5-12 bulan waktu masuk kuliahnya dari waktu mendaftar di program LPDP. Hal ini dikarenakan proses seleksi LPDP yang terdiri dari wawancara, program kepemimpinan memakan waktu yang cukup lama

c.   Persiapkan foto formal, karena menjadi salah satu trik agar dalam tahap seleksi administrasi, tim seleksi melihat pelamar serius dalam mengikuti beasiswa ini.

d.    Ijazah asli, bagi pelamar yang belum lulus disarankan untuk menyelesaikan studi S1 terlebih dahulu. Karena saat wawancara panitia akan bertanya tentang Ijazah sebagai syarat lulus program beasiswa ini.

e.    Transkrip IPK (nilai) bahasa Indonesia atau bahasa Inggris asli.

f.     Surat rekomendasi dari satu orang (bisa dosen, tokoh masyarakat, pejabat, atau dekan fakultas). Format surat rekomendasi bisa di unduh di website resmi LPDP.

g.      Penuhi seluruh administrasi yang dibutuhkan oleh panitia, semakin lengkap peluang untuk lulus beasiswa ini sangat besar.

2.     Tips saat wawancara:

a.     Persiapkan dokumen asli seperti Ijazah, Transkrip, LOA (bagi yang sudah mendapatkan) dll.

b.   Baca buku yang relevan dengan tujuan studi. Walaupun beasiswa LPDP ini tidak mengenal limit(batas maksimal) jumlah penerima namun wawancara sangat menentukan kelulusan peserta, persiapkan dengan maksimal bahan yang dibutuhkan saat wawancara.

c.    Siapkan bahan penunjang. Penerima beasiswa LPDP yang diwawancarai oleh Redaksi mengatakan bahwa “menunjukkan hasil karya berupa buku yang pernah ditulis, artikel di media massa, atau jurnal/proposal penelitian yang sedang dibuat merupakan nilai plus saat wawancara…”

d.     Cari informasi mengenai jurusan yang akan dituju, biaya hidup, negara tujuan, hingga sistem pendidikan di negara tersebut. Contohnya pendidikan di Prancis dengan Inggris cukup berbeda. Waktu masuk yang berbeda juga berpengaruh. Prancis (Februari), Inggris (September).

e.     Bersikap percaya diri. Saat berhadapan dengan pewawancara yang berjumlah 3 orang (dua orang akademisi/profesional, satu orang psikolog) siapkan diri untuk tenang, jawablah dengan lancar secara terstruktur.

3.     Tips mengikuti Program Kepemimpinan

a.    Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi wawancara, berikutnya adalah mengikuti program kepemimpinan. Program yang berdurasi 10-11 hari ini dilaksanakan di beberapa tempat yang terpisah.

b.      Materi program kepemimpinan mulai dari latihan fisik, menulis jurnal hingga cara berkomunikasi dengan panitia LPDP jika terpilih menjadi peserta beasiswa. Ikuti program ini hingga selesai, di akhir acara peserta yang lulus akan menandatangani kontrak dengan pihak LPDP.

c.       Peserta juga akan mendapatkan Letter of Guarantee yang digunakan untuk mendaftar ke universitas yang dituju.

Sekian tips dari redaksi HMInews.com semoga dapat membantu pemimpin muda meraih beasiswa S2 dan S3 di luar atau di dalam negeri.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

1 Comment

  1. agnas
    agnas October 07, 18:20

    ass. pa boleh tanya, apakah LPDP itu ikatan dinas? trus misal kalau saya maw daftar utuk periode juni 2014 S2 UGM, perkiraan wawancaranya kalau berkas keterima sekitar bulan apa ya?mohon infonya.trims..sekian dulu

    Reply to this comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.