Suasana Syawalan Nasional Alumni HMI MPO (foto: Abdul Haris)

HMINEWS.Com – Ide ‘menakar calon presiden’ versi alumni HMI MPO dalam acara Syawalan Alumni HMI MPO di Hotel Grand Sahid Jaya menyebabkan peserta syawalan berkurang dari biasanya. Hal itu disinyalir akibat gagasan tersebut dinilai politis atau pengarahan dukungan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Syawalan Nasional Alumi HMI MPO 2013, Awalil Rizky. Dalam sambutannya, ia mengatakan tidak bermaksud mengarahkan dukungan, meski diakui dirinya ada kecenderungan kepada salah satu kandidat calon presiden yang telah ikut konvensi partai politik, Syawalan utamanya diniatkan sebagai ajang silaturrahim antar alumni, termasuk dengan kader yang masih aktif.

Seperti telah digagas melalui jejaring facebook, ada 4 kandidat calon presiden yang sedianya dihadirkan dalam Syawalan; Mahfud MD, Anies Baswedan, Yusril Ihza Mahendra dan Abraham Samad. Keempat tokoh tersebut, kata Awalil, diundang dalam kapasitas mereka sebagai alumni HMI yang oleh publik disebut-sebut sebagai kandidat presiden 2014.

“Keempatnya pun diundang dengan undangan dan TOR yang sama,” lanjutnya.

Namun, dari keempat kandidat tersebut, yang datang hanya Anies Baswedan, yang diberi waktu untuk orasi mengenai keikutsertaannya dalam konvensi di Partai Demokrat.

Meski pada awalnya terlihat tidak begitu banyak alumni yang hadir, semakin siang yang datang semakin banyak. Acara yang dimulai pukul 10.30 di ruang ‘Candi Singosari’ tersebut pun hampir penuh dengan alumni, anggota aktif HMI dan awak media.

Alumni lintas generasi yang hadir, seperti mantan-mantan Ketua Umum PB HMI MPO, yaitu: Agus Pri, Lukman Hakim Hassan, Syafinuddin Almandari, Syahrul Effendi Dasopang, M Chozin. Serta mantan Sekjen PB HMI Hidayat Tri Sutardjo, Ridwan Saleh, Suharsono, Iwan mantan Ketua Komisi HI, Aji Dedi Mulawarman, Edi Darmoyo mantan Kornas LAPMI, Farid Alhabsy, serta tokoh sepuh seperti Suparman Parikesit yang di akhir acara berkisah tentang terbentuknya ‘MPO’ sebelum ia memimpin doa penutup.Sedangkan Ketua Umum PB HMI MPO, Puji Hartoyo berpidato mewakili kader aktif.

Acara Syawalan Nasional yang rutin digelar tiap tahun cukup bagus dan harus terus ditingkatkan, salah satunya dengan kepanitiaan yang mewakili semua unsur dalam (alumni) HMI.