HMINEWS.Com – Jika Anda adalah Ilmuwan Indonesia yang ingin melakukan riset kolaborasi namun tidak memiliki cukup dana, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebuah lembaga kerja sama Indonesia-Amerika bernama the American Institute for Indonesian Studies (AIFIS) atau  Institut Studi Indonesia Amerika memberikan bantuan dana kepada peneliti Indonesia yang bersedia bekerja sama dengan peneliti Amerika untuk melakukan penelitian terkait dengan berbagai bidang keilmuan seperti humaniora, sains, kelautan, pertanian, kehutanan dan sebagainya.

Menurut Presiden AIFIS Prof. Thomas Pepinsky, bantuan pembiayaan penelitian yang akan diberikan untuk setiap peneliti adalahsenilai $5.000 (atau sekitar Rp50 juta). Bantuan tersebut diprioritaskan untuk keperluan biaya perjalanan dan akomodasi peneliti. Diharapkan, dengan adanya bantuan tersebut dapat menstimulasi kerja sama lebih lanjut antara peneliti Indonesia dengan peneliti Amerika mengkaji soal ke-Indonesiaan.

“Saat ini AIFIS sudah membuka kantor di Indonesia, ke depan kita berharap bisa lebih banyak membantu kolaborasi riset antara peneliti Indonesia dengan peneliti Amerika”, demikian disampaikan oleh Deputi Direktur AIFIS Dr. Johan Purnama, di Jakarta (26/8/2013).

“AIFIS merupakan konsorsium kampus-kampus Amerika yang memiliki program studi kajian Indonesia, sebelumnya hanya memiliki kantor di Amerika saja, tepatnya di Cornell University, New York. Namun demikian, terhitung sejak Januari 2012 lalu, AIFIS sudah membuka perwakilannya di Jakarta dan baru-baru ini di Yogyakarta”, ungkap Johan yang juga aktif di program-program pemberdayaan masyarakat.

Para peminat diharapkan mengirimkan aplikasinya langsung kantor AIFIS Pusat di Kahin Center for Advanced Studies on Southeast Asia, 640 Stewart Avenue, Ithaca, New York atau via email aifisfellowships@gmail.com. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kantor AIFIS Jakarta, di Mulia Business Park, Gedung A Lantai 2, Jl. MT. Haryono Pancoran, Jakarta email:aifisjakarta@gmail.com atau website: www.aifis.org