HMINEWS.Com – Presiden SBY beserta jajaran menteri dan pejabat tinggi negara berkunjung ke lokasi gempa di Aceh. Berdialog dengan para korban gempa, membawa bantuan kemanusiaan serta menjanjikan bantuan perbaikan sarana yang rusak karena gempa.

Tempat yang dikunjungi Presiden dan rombongannya adalah Kampung Genting Bulen, Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah, yang merupakan daerah gempa terparah. Didampingi Polda Aceh, Menteri PU (Djoko Kirmanto), Menter Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Azwar Abubakar), Kapolri (Timur Pradopo) dan Panglima TNI (Laksamana TNI Agus Suhartono), Selasa (9/7/2013).

Para pengungsi, terutama para ibu, mengadu kepada Presiden SBY yang juga didampingi Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Mereka menyampaikan sejumlah hal dan kesedihan yang mereka alami berupa kematian sanak keluarga dan kerusakan tempat tinggal akibat gempa berkekuatan 6,2 SR yang terjadi pada 2 Juli lalu.

“Saya sudah perintahkan agar terus dilakukan pencarian korban yang tertimbun longsor. Namun jika Allah berkehendak lain, maka kita juga harus sabar dan tabah dalam menghadapi ujian ini,” ucap Presiden SBY.

Presiden juga menyatakan telah menginstruksikan Badan SAR, TNI dan Polri untuk terus mencari korban yang diduga masih tertimbun longsor di Aceh Tengah.

Menurut data BNPB, korban gempa meninggal: 31 orang di Aceh Tengah, 9 orang di Kabupaten Bener Meriah. 63 orang harus rawat inap karena luka berat, 2.362 orang rawat jalan, sedangkan yang mengungsi mencapai 22.125 orang. Adapun fasilitas yang rusak di dua kabupaten tersebut: 15.919 rumah dan 623 fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, masjid dan kantor pemerintahan.

Menurut keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo, pencarian korban terus diupayakan dengan mengerahkan 2.000 personel yang terdiri dari TNI, Polri, BNPB, BPBD, Basarnas, PMI, Tagana, RAPI, SKPD dan relawan lainnya dibantu warga. Adapun bantuan yang sangat mendesak berupa bahan makanan-minuman, serta tenda dan selimut karena daerah pengungsian bersuhu dingin, sekitar 14 derajat celcius.

Semoga Aceh Segera Membaik.