HMINEWS.COM

 Breaking News

Kongres untuk Satukan Hati, Policy dan Kebersamaan

June 30
07:17 2013

HMINEWS.Com- Esensi Kongres HMI MPO bukan semata pertarungan politik untuk kepentingan nasional, apalagi di tingkat institusional HMI. Sehingga yang menjadi pembicaraan dalam kongres itu adalah program, bukan figur.

“Itulah karakter dalam HMI MPO. Kongres itu juga untuk menyatukan gerakan, hati dan menyatukan policy. Menyatukan kebersamaan,” kata Masyhudi Muqorrobin dalam briefing dengan Presidium Kongres ke-29 HMI MPO di Villa Bumi Cisarua, Ahad (30/6/2013).

Masyhudi Muqorrobin yang merupakan salah seorang perumus Khittah Perjuangan HMI MPO tersebut berharap kongres menghasilkan karya-karya besar, tidak hanya kesepakatan-kesepakatan, apalagi kesepakatan yang dipaksakan atau didapat melalui kasak-kusuk sana-sini.

Ketua Umum PB HMI MPO ke-3 tersebut juga menegaskan, HMI MPO perlu kembali kepada gerakan intelektual, yang lebih luas dari pendidikan. Tujuannya adalah untuk memantapkan terbentuknya peradaban madani, yaitu terciptanya tatanan masyarakat yang diridhai Allah.

Fungsi Vital Presidium Kongres

Presidium Kongres adalah salahsatu penentu kualitas kongres, apalagi setelah PB demisioner maka presidium ‘bertindak sebagai PB’.

“Presidium kongres sejak demisioner PB, maka dia adalah PB, maka harus solid, harus bertanggungjawab atas kongres. Kalau terpecah-pecah akan membawa aspirasi Badko masing-masing, aspirasi cabang dan aspirasi pribadi,” lanjutnya.

Karena tugasnya juga harus memantau dan mengarah kebijakan, maka seharusnya sesama presidium itu tinggal dalam satu ruangan tersendiri, terpisah dari cabang dan Badko asal.

“Presidium kongres itu mengawal proses, memberikan arahan untuk pembentukan komisi-komisi nanti, agar program kedepan bukan daftar keinginan, tetapi daftar program organisasi untuk membangun peradaban. Komisi juga diberi arahan, bahwa komisi adalah untuk memberikan alur pemikiran yang konsisten terhadap gerakan,” demikian arahan Masyhudi Muqorrobin di Ahad pagi ini.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.