HMINEWS.Com – Aliansi Mahasiswa Purworejo (AMP) menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan menolak kompensasi BLSM (Balsem). Terdiri dari 4 elemen mahasiswa, aliansi tersebut berdemonstrasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Purworejo dimulai pukul 09.30 WIB, Sabtu (22/6/2013).

Empat elemen mahasiswa yang tergabung adalah HMI MPO Cabang Purworejo, PMII Cabang Purworejo, IMM Cabang Purworejo, dan KAMMI Komisariat Purworejo. Aksi dimulai dari Taman Bermain Anak (TBA), melintasi Alun-Alun Purworejo dan depan Kantor Bupati, menuju perempatan Bank Rakyat Indonesia (BRI), dengan tujuan akhir kantor DPRD Kabupaten Purworejo dengan kawalan ketat aparat kepolisian.

“Kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM merupakan kebijakan yang tidak berorientasi pada kesejahteraan rakyat karena melihat situasi yang saat ini menyongsong bulan puasa dan lebaran. Pemerintah meliberalisasi harga BBM dan Migas untuk kepentingan korporasi asing yang akan terus menjerat rakyat dalam kemiskinan,” kata koordinator aksi, Much Deiniatur.

AMP juga menilai, BLSM yang diberikan kepada 15,5 juta kepala keluarga miskin hanya menjadi obat penenang sementara. BLSM, kata MD, hanya tipuan dari elite politik yang mengaku pro-rakyat untuk mendapatkan dukungan politik menjelang Pemilu 2014 mendatang.

Setelah berorasi bergantian sepanjang jalan menuju kantor  DPRD Purworejo, Massa aksi disambut oleh blockade aparat kepolisian yang melarang aliansi mahasiswa untuk masuk mengadakan audiensi dengan wakil ketua DPRD Purworejo yaitu R.M. Abdullah  dan Imam Abu Yusuf, serta menyatakan sikap secara kelembagaan bahwa DPRD Purworejo Menolak kenaikan harga BBM dan merasakan keprihatinan atas diketoknya palu oleh Menteri ESDM Jero Wacik kemarin malam. Penolakan DPRD Purworejo tersebut ditandai dengan pernyataan menolak dalam audiensi di ruang rapat paripurna.

Dan setelah itu ratusan Mahasiswa dalam aliansi melanjutkan aksinya menuju bundaran kabupaten Purworejo dan berjalan melawan arah arus semua kendaraan, dan melanjutkan orasinya dengan berbagai macam nyanyian dan pembacaan puisi oleh masing-masing aliansi.

Sekum HMI MPO Cabang Purworejo