HMINEWS.Com – HMI Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA). Perlombaan diadakan di Masjid Bani Ismail, Jalan Nitikan Baru, Gang Yudistira, Yogyakarta, Kamis (6/6/2013).

Acara yang diadakan ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan  Isra’ Mi’raj yang di selenggarkan oleh HMI Komisariat FH UII bekerja sama dengan remaja Masjid Bani Ismail yang kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu pengajian yang dilangsungkan pada pukul 20.00 WIB dengan pembicara Ustadz Nasir  Harits, mengusung tema “Memaknai Isra’ Mi’raj Guna Terwujudnya Karakter Mujaddid.”

Lomba-lomba yang diadakan kali ini diantaranya adalah lomba hafalan surat pendek, lomba adzan dan lomba doa sehari-hari. Total peserta yang mengikuti seluruh rangkaian perlombaan sebanyak 30 anak yang terdiri dari siswa-siswi TPA Bani Ismail dan anak-anak sekitar.

Saat ditemui di sela-sela perlombaan, ketua panitia, Fadil Muhammad, mengatakan bahwa tujuan dimasukkannya perlombaan-perlombaan ini di dalam rangkaian acara selain untuk mengembangkan potensi dan bakat anak juga agar anak-anak dapat memaknai peristiwa Isra’ Mi’raj itu sendiri.

“Kita tahu bawasanya dewasa telah terjadi distorsi terhadap sejarah Islam, sehingga tumbuhlah sikap enggan dalam melaksanakan ibahah sholat dan sebagainya. Oleh karena itu kami bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman itu lagi yang dimulai dari anak-anak dengan harapan mereka ini dapat menjadi pembaharu sebagaimana tema yang kita angkat yaitu Memaknai Isra’ Mi’raj Guna Terwujudnya Karakter Mujadid,” ujar Fadil.

Dolly Setiawan, formatur HMI Komisariat FH UII, menyatakan bahwa dengan adanya kerjasama HMI Komisariat FH UII dengan remaja Masjid Bani Ismail, harapannya kontribusi HMI di masykarakat semakin jelas dirasakan, membangkitkan kecintaan kepada Rasullullah agar meningkatkan ketaqwaan serta memberi pemahaman, khususnya kepada anak-anak kecil tentang pentingnya  sholat.

Ditambahkannya juga, “Sebelum acara ini berlangsung, terjadi perdebatan diantara pengurus HMI Komisariat FH UII ketika adanya pandangan bahwa ini adalah bid’ah. Namun saya meyakinkan kepada pengurus agar tetap menjalankan niatnya karna acara ini sangat bermanfaat. Suatu perbuatan yang tidak dilakukan oleh Rasulullah bukan berarti haram dilakukan, selama hal tersebut ada dasar hukum yang mendukung dan bernilai positif, maka tidaklah dapat dikatakan sesat. Untuk itu kita tetap bertekat melaksanakan acara ini dan alhamdulillah acara berjalan dengan lancar,” kata Dolly Setiawan.

Harry Setya Nugraha

Kader HMI FH UII