HMINEWS.COM

 Breaking News

Kongres ke-29, Saatnya Merevitalisasi Himpunan

May 20
19:57 2013

HMINEWS.Com – Kongres ke-29 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) diharapkan melahirkan gagasan-gagasan segara. Tidak hanya fokus pada ranah politis, yaitu pemilihan ketua umum yang baru, kongres sudah seharusnya pertarungan wacana juga menguat, sebagai salahsatu ciri kematangan intelektualitas kader yang berhimpun.

Harapan itu tidak berlebih, sebagaimana tema yang digagas, “Rekayasa Kreatif Organisasi dan Perkaderan HMI: Ikhtiar Memperkuat Gerakan Ideologis dan Epistemik HMI.” Sebab  HMI memiliki tiga komitmen utama dalam aktivitasnya, yaitu komitmen ideologis, komitmen epistemologis, dan komitmen organisatoris.

Komitmen ideologis diaplikasikan melalui karakteristik gerakan HMI yang berbasis pada ajaran Islam (al-Qur’an dan sunnah). Islam bagi HMI, tidak hanya sebagai sebuah ritus formal belaka, namun lebih  daripada itu, merupakan landasan perjuangan serta petunjuk dalam berpikir. Komitmen epistemologis diwujudkan HMI melalui penguatan dan pengembangan gerakan intelektual. HMI dan intelektualisme adalah sesuatu yang identik. Sementara itu, komitmen organisatoris diejawantahkan dalam penguatan aspek kepemimpinan dan manajerial, serta keterampilan dalam mengelola persoalan. Demikian penjelasan tema kongres kali ini.

Kecenderungan yang memprihatinkan tersebut, sebagaimana dikhawatirkan Ketua Umum PB HMI MPO, Alto Makmuralto dalam pleno III yang lalu di Depok, adalah kurang diapresiasinya sesi-sesi intelektualitas untuk seluruh cabang se-Indonesia. Sejumlah cabang mendesak forum dialog antar cabang, forum pemaparan ide dan gagasan, untuk dilewatkan dan ingin segera masuk pada forum cabang dengan PB.

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.