Judul buku: MindWeb: Konsep Berpikir Tanpa Mikir
Penulis : Eka Wartana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : Pertama, 2012
Tebal : 221 halaman
Harga : Rp 60.000

Setiap hari manusia memproses rata-rata 50.000-60.000 pikiran. Setiap informasi yang didengar, dirasakan, dilihat, dipikirkan, dialami akan terekam di otak. Misalnya, kita sedang mendengarkan seminar dari seorang pakar. Setiap kata yang disebutkan akan direkam di otak. Secara sadar mungkin hanya sebagian saja yang bisa kita ingat. Semakin lama semakin sedikit yang bisa kita ingat. Sementara itu, semua informasi itu masih tersimpan dengan baik dibawah otak bawah sadar.

Di bawah pengaruh hipnotis, kita akan bisa menjawab dengan lancar tentang materi seminar, yang dalam keadaan sadar sudah tidak bisa diingat lagi. Hal ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa otak manusia mempunyai kapasitas yang sangat luar biasa, yang mampu menyimpan begitu banyak informasi. Hebatnya lagi otak kita tak pernah mengeluh dengan banjir informasi yang kita masukkan ke otak.

Sebenarnya rangkaian informasi yang tersimpan di alam bawah sadar itu bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Meski demikian, untuk menggali informasi dari bawah sadar, tidaklah semudah kita mengatakannya. Diperlukan latihan yang kontinyu untuk menggabungkan berbagai hal dan informasi dalam pikiran sadar dengan apa yang kita ketahui, yang tersimpan di dalam memori jangka panjang “bawah sadar”.

Buku MindWeb ini sebagai acuan berpikir holistik yang memanfaatkan nilai keterkaitan rangkaian informasi untuk melipat-gandakan dan memaksimalkan kemampuan otak dalam olah pikir. Konsep ini digambarkan dalam diagram yang prosesnya terkait dengan menerima, menyimpan dan mengingat kembali informasi yang kita butuhkan secara utuh, cepat, cermat, tepat, teliti dan efisien.

Dengan sering melakukan latihan membuat diagram MindWeb, pengulangan ini akan menggerakkan subconscious mind untuk membentuk pola pikir yang diinginkan dan dibutuhkan. Diagram MindWeb menggambarkan keterkaitan satu informasi dengan sebuah informasi lainnya, atau dengan beberapa informasi lain. (Hal. 25) Ada dua hal yang sangat penting dan bermanfaat dari buku ini: Pertama, secara umum, hal yang bermanfaat bagi masyarakat adalah kemampuan otak untuk mengingat kembali segala informasi yang kita butuhkan secara utuh, dengan memilah-milah dan memilih kembali informasi tersebut dari kumpulan informasi yang tersimpan di memori bawah sadar kita. (hal. 102). Kedua, hal yang bermanfaat bagi masyarakat ilmiah adalah memanfaatkan mindweb diagram dalam dunia penelitian, terutama untuk menyusun kerangka berpikir ilmiah secara holistik dalam mendeskripsikan hubungan nilai keterkaitan proposisi, konsep, teori, ilmu dan paradigma, serta hopotesis sehingga alur berpikir dapat terlihat dengan jelas, tepat benar, baik dan teliti.

Buku mindweb yang disusun oleh Eka Wartana ini sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari di segala bidang dan profesi. Konsep berpikir MindWeb ini bisa diapilikasikan pada bidang mana saja, bisnis, sains, kesehatan, psikologi, kajian politik, hukum, entertainment, NLP, spritual dan lain sebagainya.

Saifullah, kader HMI Kom. Syariah IAIN Walisongo Semarang