Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Tual- Maluku Tenggara menggelar milad HMI ke-66 dengan Tema “Refleksi dan Rekonstruksi Paradigma Kader ; Upaya Menegaskan Kembali Arah Juang HMI MPO Di bumi Larvul Ngabal.Dilaksanakan di Gedung Islamic Center Kota Tual, Pukul 15:00 WIT, Selasa (5/2/2013).

Acara dihadiri oleh Senior, Pengurus Badko Sulambanusa, DPD KNPI Kota Tual, OKP Pemuda, Media Lokal dan seluruh Kader. Dalam acara tersebut diumumkan sejumlah hasil perlombaan seperti, Lomba Menulis Karya Ilmiah, Cerpen, Puisi dan Opini yang diwakili dari 3 sekolah besar di Kota Tual-Kabupaten.

  • Juara I: Laila Ma’rifah Matdoan  (Madrasah Aliah Negri Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara),
  • Juara II: Nazihan Safitri Alkatiri (SMA N 1 Tual) dan
  • Juara III: Robita Fakoubun (SMA N 1 Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara).

Acara juga diisi dengan presentasi sebuah makalah penelitian dari Laila Ma’rifah Matdoan dengan “Perilaku Penggunaan Air Pada Proses Pembuatan Tahu Di Wilayah Kota Tual Dan Kabupaten Maluku Tenggara.”

“Dengan menumbuhkan nilai-nilai intelektualitas di kalangan siswa/i di sekolah sebagai tanggung jawab dalam segi pendidikan, diharapkan potensi besar mereka terus berkembang dan tidak kalah bersaing dengan dunia kampus lain. Bahkan jiwa kritis mereka yang harus kita tumbuhkan mulai dari dini,” kata Ketua Umum HMI MPO Cabang Tual, Noval Albram.

Sebagai bentuk tangung jawab keumatan, HMI MPO Tual juga mengembangkan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Ulul Albab yang sudah berjalan sejak 2010. Noval menyatakan langkah tersebut sebagai upaya kecil untuk menuju perubahan besar.

“Sebuah langkah besar sebenarnya terdiri dari banyak langkah-langkah kecil, dan langkah pertama keberhasilan harus kita mulai dari rumah kita. Rumah yang paling baik adalah hati kita, itulah sebaik-baik tempat untuk memulai dan untuk kembali.”

Midun Ismail Renggur