HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI – MPO) Jakarta Selatan sukses menggelar Latihan Kader II (LK 2). Selama seminggu bertempat di Wisma Peternakan Ragunan, LK2 atau Intermediate Training tersebut diikuti 16 mahasiswa dari Cabang Jaksel, Jakarta, Purworejo dan Jogja.

Acara berlangsung dari tanggal 9-15 Februari 2013, dengan pemateri di antaranya Syahrul Efendi Dasopan (Ketua Umum PB HMI 2007-2009), Farouk Alwayni (Chariman CISFED), Yusuf Hidayat (Mantan Ketua Umum PB HMI, kini rektor Universitas Al Azhar Indonesia), Edi Budiono, Anthomi Kusaeri dan sederet pemateri lain dari lingkungan HMI MPO.

Sebagaimana standar baku LK2, materi-materi meliputi filsafat ilmu, pendidikan, ekonomi, politik, kebangsaan dan materi ke-HMI-an. Menurut Ketua Umum HMI Jaksel, Triadi, pelaksanaan LK2 tersebut adalah untuk memfasilitasi kader-kader HMI untuk meningkatkan kapasitas intelektual dengan kajian yang lebih sistematis dan mendalam.

Bertindak sebagai master of training (MoT), Abdul Malik Raharusun, yang kini juga menjabat Ketua Komisi Hubungan Internasional PB HMI MPO. Sedangkan dari 16 peserta tersebut, hanya 3 yang dinyatakan lulus, selebihnya lulus bersyarat.

“Mereka kurang referensi bacaan, bahkan untuk ‘bacaan wajib’ seperti buku-buku Kuntowijoyo, Ali Syariati dan lainnya. Jangankan untuk mengenal pemikirannya, mengetahui tokohnya saja ada yang belum tahu,” ungkap Abdul Malik prihatin.