HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Purworejo mengadakan training motivasi pelajar menghadapi ujian nasional. Training tersebut bertema: “The Beautiful Mind to Succeed National Examination.”

Acara ini diadakan pada hari Ahad (27/1/2013) yang merupakan acara pertama dari rangkaian milad ke-66 HMI dan diikuti oleh hampir 400 siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Purworejo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purworejo, Drs. Bambang Aryawan, M.M. Dalam sambutnya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh HMI cabang Purworejo. Kegiatan tersebut merupakan wujud konkret dari peran mahasiswa untuk ikut serta dalam dunia pendidikan.

“Training ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh organisasi mahasiswa di Purworejo. Saya pribadi selaku kepala Diknas Kabupaten Purworejo berterima kasih sekali atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena ini sesungguhnya tugas dari diknas juga,” tambahnya.

Kegiatan tersebut diisi oleh tiga pembicara. Pertama dari Diknas Kabupaten Purworejo. Dalam penyampaiannya, pemateri memaparkan ketentuan-ketentuan ujan nasional dan informasi terbaru tentang sistematika ujian nasional.

Pemateri kedua dalah Ni’mah Nurbaeti, M.Pd. Kepala sekolah tebaik nasional ini memaparkan strategi-strategi pembelajaran yang efektif dan trik-trik jitu dalam belajar.

“Kunci dari semua strategi dan trik belajar adalah motivasi. Sehebat apaun trik atau strategi yang digunakan, tanpa landasan motivasidiri  yang kuat maka hasilnya akan menguap saja,” ujarnya.

Mujiburrahman, S.Pd, M.Pdi merupakan pemateri terakhir dalam acara traini tersebut. Dalam materinya, Ketua IKADI Kabupaten Purworejo ini memancing motivasi siswa untuk belajar terus menerus walaupun tidak ada UAN.

Ketua Pantia pelaksanaan training, Hasanudin, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari keikutsertan HMI dalam dunia pendidikan.

“Setelah kegiatan ini harapannya, dapat meningkatkan motivasi siswa khususnya kelas 3 SMA/SMK untuk belajar lebih giat.”

LAPMI Purworejo