HMINEWS.Com – Hilal Hilman Syah terpilih menjadi Formatur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Yogyakarta  periode 2013-2014 dalam Konferensi ke-62 di Gedung Lafran Pane Kaliurang, Senin (7/1/2013). Ia menggantikan Zuhad Aji Firmantoro yang menjabat Ketua Umum HMI Cabang Yogyakarta periode 2012-2013.

Hilal Hilman Syah terpilih secara musyawarahan dari semua utusan komisariat setelah sebelumnya prosesi pemilihan formatur HMI Cabang Yogyakarta menemukan jalan buntu mengingat dari 8 bakal calon yang muncul (Hilal, Alan, Rismawati, Zuhad Aji, Rangga Permata, Ainul Jihad masing-masing dari Korkom UII. Muhtar Nasir dari Korkom UIN Sunan Kalijaga dan Azka dari Korkom UMY). Hanya 3 bakal calon yang memenuhi persyaratan yaitu memperoleh lebih dari 3 suara dari suara perwakilan komisariat yaitu Hilal 4 Suara, Zuhad Aji 5 Suara dan Rangga Permata 6 Suara untuk maju sebagai calon formatur.

Dari ke 3 bakal calon Formatur , 1 bakal calon formatur menyatakan mengundurkan diri. Pada dini hari (7/1) pukul 03.20 menetapkan Hilal Hilman Syah sebagai Formatur HMI Cabang Yogyakarta. Sebelumnnya Hilal menyampaikan akan membawa HMI Cabang Yogya ke arah lebih baik tanpa keluar dari Konstitusi dan Khittah perjuangan sebagai landasan perjuangan. Sedangkan mide formatur yang terpilih adalah Zuhad Aji (22 suara), Muhtar Nasir (15 suara), Ade Rahman (11 suara) dan Abdul Rahim (9 suara) yang dipilih langsung oleh utusan-utusan komisariat.

Biodata Hilal

Hilal Hilman Syah lahir di Subang 10 Juli 1989, tumbuh dalam lingkungan Pesantren di pondok pesantren Al-Zaitun Indramayu selama masa Tsanawiyah dan ‘Aliyah. Sampai sekarang masih menyelesaikannya pendidikan S1 di Fakultas Tehnik Industri Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Mahasiswa Yang mempunyai Hobi mendaki gunung ini  memulai kariernya di HMI sebagai Wakil Bendahara Umum Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) UII (2007-2009) Ketua Umum HMI Komisariat FTI UII (2009-2010) Anggota Komisi IV DPM UII (2011-2012) dan selama kepengurusan HMI Cabang Yogyakarta ia juga sempat menjadi Staff Bidang Studi Peradaban HMI Cabang Yogyakarta (2011-2012), Sekretaris Bidang Studi Peradaban HMI Cabang Yogyakarta (2012-2013).

“Untuk cita-cita HMI kedepan, HMI sebagai organisasi mahasiswa tertua di Indonesia harus terus berkontrobusi untuk Indonesia. Mahasiwa sebagai basis intelektual yang cukup bersih dari intrik-intrik politik harus mampu memberikan penilain yang bersih atas segala hal. Hal ini mengapa HMI sampai sekarang hanya mempertahankan keberpihakannya pada kebenaran,” tuturnya.

Menurutnya, HMI Cabang Yogya perlu mempertahankan nilai-nilai terdahulu dengan penerapan yang baru. HMI perlu mendokumentasikan dengan baik buah pemikiran para kadernya, sehingga pemikiran-pemikiran yang dihasilkan dapat dikemas dengan baik dan dapat digunakan oleh masyarakat dengan cukup mudah.

Harun Aroni