HMINEWS.Com – Ratusan petani yang tergabung dalam Front Perjuangan Petani Mataraman (FPPM) berunjuk rasa menuntut janji kampanye Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Aksi mereka lakukan dengan berjalan kaki dari Blitar Jawa Timur menuju Jakarta.

“Dalam janji kampanye itu SBY akan meretribusikan tanah seluas 9,25 hektar untuk petani miskin. Janji itu dituangkan dalam program PPAN (Program Pembaruan Agraria Nasional),” kata para petani tersebut saat beristirahat dalam perjalanan mereka di Karawang, Ahad (27/1/2013).

Mereka mempertanyakan komitmen Presiden untuk mewujudkan janji politik tersebut. Koordinator aksi, Nanik Harianti mengungkapkan bahwa di mana-mana masih terjadi konflik agraria. “Bahkan sampai terjadi pertumpahan darah gara-gara itu,” ungkapnya.

Di Karawang itu para petani beristirahat di perkampungan penduduk dan menunaikan shalat di Masjid Al Hidayah, Cikampek. Sebagian dari mereka memanfaatkan jasa tukang pijit tradisional untuk meregangkan otot, memakai balsam, koyo dan mengkonsumsi jamu. Itu merupakan hari ke-18 dari perjalanan yang diikuti 110 orang tersebut.

Asep Riyadi