HMINEWS.Com – Dalam rangka menumbuhkan kepedulian sekaligus menggalang bantuan bagi rakyat Palestina, sejumlah elemen gerakan pemuda dan mahasiswa di Yogya menggelar sarasehan dan deklarasi.

Acara dilangsungkan di Masjid Universitas Gadjah Mada (UGM), menghadirkan pembicara M Wajdi Rahman (Ketua KNRP DIY), Ustaz Jazir ASP (Ketua Jogokaryan), Giovani Van Empel (Presiden Mahasiswa UGM) dan dimoderatori oleh Aqil Wilda Arief (delegasi Viva Palestine).

Peserta merupakan gabungan dari Jama’ah Shalahudin, HMI MPO Cabang Yogya, DPD IMM Yogya, PII Yogya, KAMMI Daerah Sleman.

“Acara ini di saat sebagian kelompok menyatakan tidak perlu mengurusi persoalan negara lain karena di dalam negeri sendiri masih banyak masalah,” kata Ketua HMI Cabang Yogya, Zuhad Aji Firmantoro usai mewakili pembacaan deklarasi, Selasa (27/11/2012) sore.

Deklarasi menghasilkan sejumlah poin, yaitu;

  1. Mengutuk dan mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan oleh israel terhadap Palestina
  2. Mengajak seluruh elemen masyarakat internasional untuk mendukung terwujudnya perdamaian dan kemerdekaan bagi Palestina
  3. Menuntut kepada pemerintahan SBY-Boediono untuk berani mengambil peran dalam menyelesaikan konflik Palestina-israel dan memutuskan segala bentuk hubungan degan israel.
  4. Mengajak kepada segenap masyarakat Indonesia untuk memboikot semua produk yang dihasilkan israel

Zuhad mengimbau semua masyarakat terutama kader-kader HMI untuk membantu saudara di Palestina, jika tidak mampu untuk ikut berjuang langsung, mungkin bisa membantu dengan material atau sejenisnya seandainya tidak mampu juga hendaknya berdoa buat mereka disana dan itu selemah-lemah iman.

Pihak penyelenggarapun berharap kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini terjadi dimana-mana, hingga menjadi suatu gelombang besar persatuan, terutama didalam umat Islam sedunia sehingga kembalilah kejayaan di tangan Islam.

Rangga