HMINEWS.Com – Aksi damai memperingati Hari Anti Korupsi dan Hak Asasi Manusia sedunia digelar oleh HMI MPO Cabang Jakarta Selatan di Bundaran Hotel Indonesia, Senin (10/12/2012) malam. Aksi dimulaipukul 19.00 sampaidengan pukul 20.15 dan diikuti 24 kader.

Peserta aksi membawa lilin sebagai simbol eksistensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di antara isu yang dibawa dalam Aksi Damai tersebut, mereka menuntut upaya penyelamatan serta perpanjangan masa kerja para penyidik KPK seperti Kompol Novel Baswedan dkk.

Selain itu, mereka menuntut pengusutan tuntas Century Gate dan Hambalang, termasuk perpanjangan kinerja Tim Pengawas (Timwas) Century yang dipimpin oleh Anis Matta. Hal lainnya yang turut diusung dalam Aksi Damai ini adalah hukuman bagi koruptor haruslah berat dan menimbulkan efek jera.

“Kalau perlu hukuman seumur hidup dan mengembalikan semua hasil korupsi kepada rakyat karena korupsi melanggar hak rakyat Indonesia. Nah, dengan begitu tidak ada lagi yang berani bermain-main dengan kasus korupsi ini,” ujar Dede selaku koordinator aksi.

Saat ditanya mengapa mengadakan Aksi di malam hari dan tanpa orasi dan hanya bersenandung dengan lagu-lagu perjuangan, Dede menjawab “Kami bisu karena pemerintah juga membisu terhadap kebenaran di balik kasus-kasus ini,” tambahnya.

Aksi damai yang diakhiri dengan mengelilingi Bundaran HI berjalan dengan tertib serta dikawal polisi hingga Aksi berakhir.

Fya Naqya