HMINEWS.Com – Ada saja cara Gubernur Jakarta, Jokowi mengingatkan pejabat di bawahnya agar peduli pada warga. Hal itu seperti ditunjukkan dengan dilangsungkannya acara pelantikan Walikota Jakarta Timur, Kristiardi, di perkampungan kumuh di Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Cakung.

Ratusan warga tua muda antusias menyaksikan pelantikan yang berlangsung saat matahari terik tersebut. Menurut Jokowi, sengaja memilih cara demikian agar pejabat dekat dengan rakyat dan permasalahan riil sehari-hari, lebih menekankan aspek fungsional ketimbang seremonial pelantikannya.

“Dan inilah masyarakat kita. Kalau kita lantik di gedung, tempatnya ber-AC, masalahnya tidak akan kelihatan karena yang kelihatan yang bagus-bagus saja. Yang baik-baik saja,” kata Jokowi, Kamis (20/12/2012).

Tidak ada peneduh dalam pelantikan tersebut, hanya disediakan kursi serta perangkat pendukung pelantikan seperti karpet merah dalam panggung yang didirikan tepat di atas tempat pembakaran sampah.

Pulo Jahe merupakan tempat yang sangat padat penduduk, dengan banyaknya kontrakan kecil berjubel serta tidak tertata rapi. Hingga kini sebagian warga masih kesulitan menghadapi persoalan sampah, sarana sanitasi dan rawan kebakaran.