HMINEWS.Com – Wapres Boediono bisa segera ditetapkan sebagai tersangka kasus Bank Century jika pemeriksaan tersangka lain mengarah pada peran mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak akan ragu bertindak.

“Pada pemeriksaan tersangka maka bisa disimpulkan mengenai peran Gubernur Bank Indonesia. Kalau dari saksi-saksi mengarah kepada dua alat bukti yang faktual dan tidak terbantahkan, maka KPK tidak pernah ragu menetapkan seseorang menjadi tersangka,” kata Ketua KPK, Abraham Samad usai jumpa pers di Kantor KPK, Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Menurutnya KPK masih terus mendalami kasus Bank Century dan belum bisa diprediksi kapan selesainya. KPK juga hanya masuk pada ranah hukum tersebut dan tidak berkepentingan dalam isu pemakzulan (impeachment) Boediono. Tindakan politik, kata Abraham, diserahkan kepada DPR.

Abraham juga menegaskan netralitas KPK sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan hal itu. “Boediono itu sudah pernah diperiksa. Jadi tidak usah khawatir, KPK akan terus melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang dibutuhkan keterangannya terkait kasus Century,” tegas Abraham.