HMINEWS.Com – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Cilacap mengadakan program pemberdayaan masyarakat berupa Kursus Menjahit Gratis. Program tersebut dimulai pada 5 November 2012 dan meluluskan 13 peserta terampil bersertifikat yang siap bekerja.

Menurut Kadiv Pemberdayaan LAZ Cilacap, Bagus MS, program tersebut awalnya diikuti 15 peserta, namun dalam perjalanannya ada 2 orang yang mengundurkan diri. Peserta yang bertahan hingga akhir 13 orang, terdiri dari 12 perempuan dan seorang laki-laki.

Pelatihan diadakan di Rumah Pemberdayaan Yatim – Dhuafa Mandiri LAZ Cilacap, Jl Radjiman No 35 Gunung Simping, Cilacap. Dengan bekal keterampilan tersebut, peserta yang dikursuskan dengan dana zakat itu diharapkan mampu mandiri.

“Kami berharap alumnus BKM Kursus Menjahit Gratis LAZ Cilacap ini dapat mandiri, dapat mempraktekkan ilmunya, sehingga kemandirian mustahik dapat tercapai,” kata Bagus MZ, Senin (17/12/2012).

Pascapelatihan, peserta diharapkan juga membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB), sehingga dapat lebih mudah mengakses bantuan pemerintah (dinas terkait). LAZ Cilacap pun masih akan mengadvokasi mereka guna kemudahan bantuan tersebut.

Kasyono