HMINEWS.Com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Karawang berunjuk rasa di bundaran Ramayana, Karawang. Menuntut pemerintah daerah sekaligus pemerintah pusat untuk segera mengambil sikap atas tragedi penyerangan Israel terhadap Palestina.

Front Mahasiswa Karawang merupakan gabungan antara mahasiswa yang tergabung dalam GMNI, GPPI, dan HMI. Dalam aksinya mereka menginginkan agar pemerintah pusat mengirimkan Tentara Naional Indonesia ikut serta menghalau serangan Israel terhadap Palestina, demi rasa kemanusiaan.

“Terlalu ironis kiranya jika Indonesia yang penganut Islam terbesar di dunia tapi tidak ada bentuk kepedulian terhadap saudara seummatnya di Palestina,” ujar orator Ahmad Saefudin, perwakilan dari HMI, Sabtu (24/11/2012).

Aksi mereka bukan hanya semata-mata alasan seagama, melainkan atas perikemanusiaan yang berdasar pada Undang-undang 1945, bahwa segala bentuk penjajahan di muka bumi haruslah dihapuskan. “Di mana sisi kemanusiaan bangsa kita ketika melihat bangsa lain dibumi hanguskan oleh bangsa lain,” tambah Ahmad.

Massa mahasiswa menyayangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang tidak bisa turut menjaga keamanan warga negara Palestina yang nyata-nyata ditindas sepengetahuan PBB.

Demonstrasi itu juga diwarnai dengan teaterikal yang menggambarkan Indonesia berkibar di atas penderitaan rakyat Palestina, jika Indonesia sendiri tidak menyatakan sikap tegas mengecam Israel. Diiringi pula dengan lagu ‘Bendera Setengah Tiang’ serta beberapa lagu perjuangan lainnya, dan diakhiri dengan shalat ghaib untuk para syuhada Palestina.

Asep Riyadi