HMINEWS.Com – Akhirnya gelar pahlawan dianugrahkan pemerintah kepada pasangan Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno – Muhammad Hatta. Diberikan oleh Presiden SBY di Istana Negara dan diterima oleh keluarga yang mewakili kedua tokoh tersebut, Rabu (7/11/2012).

Pihak keluarga Bung Karno diwakili oleh Guntur Soekarno Putra, sedangkan dari pihak Bung Hatta diwakili Meutia Hatta. Presiden SBY menyampaikan, kedua pahlawan merupakan putra terbaik bangsa yang telah mendarmabaktikan hidup untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Dwi Tunggal” Soekarno-Hatta adalah lambang dan sumber inspirasi perjuangan seluruh bangsa Indonesia di seluruh pelosok negeri.

“Mereka pula adalah tokoh yang membangkitkan dan menyatukan bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan tetes darah, harta dan jiwa. Perjuangan ini terus terpatri di lubuk hati paling dalam,” lanjut Presiden SBY.

Jasa lain keduanya, kata Presiden, adalah peran penting Sukarno-Hatta dalam menciptakan gagasan dan pemikiran bangsa yang akhirnya dijadikan landasan konstitusional RI, yaitu UUD 1945.

“Gagasan tentang Indonesia yang tengah diwujudkan pada banyak pemikiran merupakan pesona yang tidak mudah dibandingkan,” ujar Presiden.

Perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta juga mencerminkan cita-cita besar rakyat Indonesia. Keduanya telah mengantarkan bangsa ini memiliki gagasan besar seperti ideologi Indonesia, sistem kerayatan, koperasi, dan lainnya.

Selain itu, keduanya menjadi sumber atas keagungan cita-cita bangsa, yang secara bersama mereka menjadi sumber abadi yang memelihara ingaran kolektif kita sebagai bangsa walaupun berbeda tapi sudah bertekad untuk bersatu dalam Sang Saka Merah Putih. []