HMINEWS.COM

 Breaking News

Alumni HMI UGM Dukung KPK

October 08
13:18 2012

HMINEWS.Com – Forum alumni aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Ekonomi UGM menyatakan pelemahan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) adalah gerakan melawan amanat reformasi.

Demikian rilis yang mereka keluarkan berkenaan dengan kriminalisasi Novel Baswedan, penyidik KPK yang kini dikriminalisasikan oleh Polri. Menurut rilis yang ditandatangani 33 alumni HMI UGM tersebut, pelemahan KPK sama artinya dengan melawan rakyat Indonesia yang menginginkan Indonesia bebas korupsi.

“Saat ini gerakan menantang rakyat itu tengah digencarkan oleh, terutama, dua lembaga Negara: yakni Dewan Perwakilan Rakyat dan Kepolisian Republik Indonesia. Sebuah gerakan sistematis yang terwujud pada upaya melakukan revisi UU KPK dengan mempereteli kewenangan KPK, dan upaya penarikan peyidik KPK oleh Kepolisian yang dilanjutkan dengan kriminalisasi terhadap penyidik KPK,” demikian rilis tersebut, Senin (8/10/2012).

Alumni HMI FE UGM memandang pelemahan KPK juga dilakukan Presiden SBY yang tidak bersikap tegas atas apa yang dilakukan DPR dan kepolisian. Mereka mengajukan 6 tuntutan sebagai berikut:

1. MENOLAK setiap upaya pelemahan KPK dari mana pun datangnya, termasuk dari DPR, Kepolisian Republik Indonesia, dan Presiden Republik Indonesia.
2. MENDUKUNG para pimpinan KPK dan seluruh jajarannya untuk terus menjalankan amanah memberantas korupsi.
3. MENUNTUT DPR untuk mencabut revisi UU KPK
4. MENUNTUT Kepolisian Republik Indonesia untuk mengehentikan upaya pelemahan dan kriminalisasi terhadap penyidik KPK.
5. Bersama seluruh elemen masyarakat yang peduli, akan ikut MELAWAN setiap upaya pelemahan KPK dari mana pun datangnya.
6. MENGAJAK seluruh elemen masyarakat untuk mendukung, mendorong, dan membela KPK dalam menjalankan amanahnya, yakni memberantas praktik korupsi di Indonesia.

Adapun penandatangan tuntutan tersebut di antarnya Edy Suandi Hamid, Fahmy Radhi, Anwarsyah Btubara, Bintoro Dibyoseputro, Tulus Wijanarko dan lainnya. []

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.