HMINEWS.Com – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI-MPO) akan mengadakan Latihan Kader III (LK III/ Advance Training). Direncanakan akan digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 1-8 Desember 2012.

Ketua Panitia LK III, Bahrul Amsal, menyatakan sejumlah syarat yang ditetapkan untuk calon peserta. “Pertama, telah lulus LK II HMI. Kedua, mendapat surat mandat dari cabangnya masing-masing. Ketiga, wajib menulis 8 makalah prasyarat dengan tema besar sebagai berikut:

  1. Konsepsi Komunitas Kreatif, Gerakan Masyarakat Madani dan Upaya Pencegahan Negara Gagal
  2. Konsepsi Urgensi Penelitian Sosial sebagai Bentuk Pergerakan dan Advokasi
  3. Konsepsi Pergerakan HMI
  4. Konsepsi Kajian Pemikiran Islam
  5. Konsepsi Politik dan/atau Pertahanan Nasional
  6. Konsepsi Kajian Ekonomi
  7. Konsepsi Kajian Kebangsaan, dan
  8. Konsepsi Kajian Dinamika Internasional”.

Keempat, calon peserta hanya boleh menulis makalah dengan format sebagai berikut:

a) Format tulisan ilmiah dengan susunan tulisan: Abstrak à Pendahuluan à Pembahasan Materi à Kesimpulan/Penutup à catatan kaki (footnote/endnote)à daftar pustaka;

b) Jenis tulisan: Times New Roman, font 12 pt; c) Jumlah halaman, minimal 4 halaman (tidak termasuk daftar pustaka dan catatan kaki), kertas A4, spasi 1, dengan margin: atas, bawah, kanan (masing-masing 2,5 cm), dan kiri (3 cm).

Batas pemasukan makalah (termasuk surat mandat dari cabang serta biodata lengkap masing-masing peserta) adalah tanggal 03 November 2012. Tulisan dikirim via email: jatmik.mpo@gmail.com. Perbaikan makalah (setelah dikoreksi oleh tim pemandu), 05 – 10 November 2012.

Verifikasi akhir makalah calon peserta oleh tim pemandu, 11 – 17 November 2012. Pengumuman kelulusan calon peserta LK III, 18 November 2012. Adapun TOR kegiatan ini dapat diambil di cabangnya masing-masing, atau dengan menghubungi PB HMI.

Info tambahan, selain LK III, PB HMI-MPO juga akan menggelar Pleno III di Makassar, pada tanggal 27-29 Desember 2012. Sidang pleno ini merupakan pleno PB HMI yang terakhir untuk periode saat ini, karena sekitar bulan Juni 2013 diagendakan Kongres HMI ke-29 di Jayapura, Papua.