HMINEWS.Com – Pemerintah Arab Saudi menyatakan diri sudah mulai terbuka dalam sejumlah hal. Di antaranya mengenaik ‘demokrasi,’ hak-hak perempuan dalam ranah publik serta olahraga dan pemerintahan.

“Pemerintah kerajaan Arab Saudi kini sudah terbuka, baik dalam menyikapi demokrasi, hak-hak perempuan dalam bidang olah raga dan dalam bidang pemerintah, serta juga dalam menyikapi perbedaan sudut pandang pemikiran dalam Islam,” kata Dubes Arab Saudi untuk Indonesia dalam acara ramah tamah dengan kalangan jurnalis muslim Indonesia di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2012) malam.

Seperti diketahui, selama ini pemerintah kerajaan kaya minyak tersebut terkesan tertutup, termasuk dalam hak publik perempuan, bahkan adanya larangan menyetir mobil bagi perempuan di jalanan umum. Kini hal-hal tersebut mulai dilonggarkan dengan syarat tetap menjaga hijab.

Untuk membuktikan hal tersebut, Kementerian Olahraga Saudi mengirim tim olahraga anggar untuk mengikuti kejuaraan di Bali yang berakhir pada Selasa (9/10/2012).

Puluhan jurnalis muslim dari berbagai media cetak dan elektronik hadir pada silaturahmi tersebut. Acara dimeriahkan dengan makan malam ala menu Arab Saudi.

Malik