HMINEWS.Com – Jakarta menempati posisi teratas kota pengguna twitter di dunia. Kicauan dari Jakarta memenuhi 2 persen kicauan dunia. Demikian menurut penelitian Semiocast dari sejumlah 10,6 miliar kicauan (tweet) yang ada.

Posisi berikutnya disusul oleh Tokyo, London, Sao Paulo, New York, Bandung, Paris, Los Angeles, Chicago, Riyadh dan Singapura.

Namun jika berdasarkan jumlah per negara, Indonesia menempati urutan ke-5 dunia dengan jumlah pengguna twitter 3o juta akun. Pengguna terbanyak adalah Amerika Serikat 141 juta akun, disusul Brasil (41 juta), Jepang (35 juta) dan Inggris (32 juta).

Jika dilihat dari tren pertumbuhannya selama 3 bulan terakhir, Indonesia berpotensi menggeser ketiga negara di atas, menyodok hingga posisi kedua. Dengan kenaikan mencapai 50 persen dalam kurun 6 bulan (20 juta akun pada Januari 2012 – 30 juta akun pada 30 Juni 2012).

Jumlah tersebut tidak sekedar angka-angka, karena terbukti melalui jejaring sosial termasuk twitter, terjadi transformasi wacana secara besar-besaran pula. Bisa dimaklumi sebab kalangan terpelajar dan orang-orang berpengaruh turut menggunakan twitter yang banyak terhubung dengan massa. (Sindo)