HMINEWS.Com – Pelantikan Joko Widodo-Basuki Tjahya Purnama (Ahok) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur baru DKI Jakarta berlangsung meriah. Tidak hanya pejabat, pelantikan tersebut juga dihadiri ribuan warga Jakarta yang ingin menyaksikan secara langsung orang nomor satu di DKI pengganti Fauzi Bowo.

Pelantikan dipimpin Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, yang dalam sambutannya memuji sikap Gubernur lama, Fauzi Bowo yang bersikap legowo dengan kemenangan pesaingnya, Jokowi dalam Pilkada DKI yang telah lalu.

“Saya memuji tindakan Foke yang langsung mengucapkan selamat kepada Jokowi secara legawa. Begitu juga sikap Jokowi yang dengan rendah hati menerima ucapan tersebut,” kata Gamawan Fauzi dalam pidato sambutannya, Senin (15/10).

Gamawan menyebut proses Pilkada DKI menjadi contoh yang baik bagi transformasi politik di Indonesia. Menurutnya, jika kondisi tersebut terjadi pada tingkat nasional, maka kualitas demokrasi akan semakin baik.

Selain itu Mendagri juga mengingatkan Jokowi-Ahok akan permasalahan yang harus diselesaikan seperti kemacetan, banjir, sampah dan persoalan pemukiman.

Dalam kemeriahan tersebut sempat diwarnai aksi unjukrasa mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Peduli Jakarta (AMPJ). AMPJ berjanji akan memantau kinerja pasangan Jokowi-Ahok sejauh mana merealisasikan janji-janji saat kampanye sebelumnya.

“Kami mencatat dengan baik semua janji yang disampaikan saat kampanye. Banyak sekali janji manis dan kami akan menuntutnya,” kata orator. []