HMINEWS.Com – Buruh di berbagai daerah di Indonesia menggelar  Mogok Nasional hari ini. Mengajukan sejumlah tuntutan untuk perbaikan nasib buruh yang dinilai masih belum dipenuhi, Rabu (3/10/2012).

Tuntutan tersebut adalah dihapuskannya sistem outsourcing, tolak upah murah, jalankan jaminan kesehatan rakyat pada 2014, serta jaminan kesehatan tetap dibayar pengusaha.

Di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, ratusan massa buruh bersepeda motor mensweeping pabrik-pabrik untuk mengajak para pekerjanya ikut aksi mogok.

Di Bekasi, Bogor dan Tangerang yang merupakan daerah penyangga ibukota terjadi hal yang sama, demo berlangsung di berbagai kawasan industri maupun pabrik yang tersebar di berbagai tempat dan diwarnai sweeping sesama buruh. Tidak hanya itu, massa buruh juga memblokir jalan, termasuk di sejumlah pintu tol.

Menyikapi aksi nasional tersebut tidak sedikit perusahaan yang meliburkan diri hingga tiga hari ke depan, seperti dilakukan 50 dari 200 perusahaan yang termasuk anggota APINDO di Tangerang-Banten.

Namun aksi mogok yang semula direncakan berlangsung selama 5 hari dicukupkan menjadi satu hari, sesuai kesepakatan antara perwakilan buruh dengan Menko Perekonomian sehari sebelumnya. Berbagai kalangan berharap aksi mogok buruh tidak menyurutkan ekonomi dan minat investasi di dalam negeri.