HMINEWS.Com – Menyambut mahasiswa baru, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menggelar Temu Akbar. Aksi tersebut ditujukan untuk mengajak mahasiswa-mahasiswi baru mempunyai tanggungjawab tinggi terhadap dinamika kampus.

“Acara ini diselenggarakan selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk memancing agar maba-miba turut bertanggung jawab untuk mengembangkan dinamika di kampus FH UII, mengingat sekarang banyak mahasiswa yang tidak peduli lagi dengan dinamika yang ada,” kata Ketua Umum HMI FH UII.

Pada acara yang dilangsungkan akhir September 2012 tersebut HMI FH UII mengundang beberapa pembicara untuk memancing antusiasme mahasiswa baru, diantaranya Anang Zuibaidy dan Jamaludin Ghofur dari pihak dosen FH UII yang juga merupakan alumni HMI FH UII. Ditambah dengan Ahmad Bangun S, Rezky Dika Kurniaputri, dan Achmad Kurniawan, Kader HMI FH UII yang saat ini sedang mengemban amanah di lembaga-lembaga internal kampus UII.

Inti yang ingin mereka sampaikan adalah agar tidak ragu untuk aktif di organisasi, baik intra maupun ekstra kampus.

“Karena dengan aktif di organisasi kita akan mendapatkan banyak ilmu yang tidak kita dapat di bangku kuliah. Selain itu kita juga akan mendapatkan beberapa manfaat lainnya seperti mendapatkan teman diskusi sehingga kemampuan akademik kita juga akan terdorong,” kata salah satu pembicara.

Sesuai Tri Darma Perguruan Tinggi, mahasiswa harus peka terhadap dinamika dan perkembangan masyarakat di sekitar. Tidak hanya berpikir bagaimana mendapatkan IPK tinggi saja, tetapi mahasiswa juga memiliki tanggung jawab kepada masyarakat.

Dijelaskan pula agaimana HMI berdiri sehingga menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari UII dan apa saja kegiatan yang HMI lakukan untuk mencapai tujuan mewujudkan mahasiswa Islam menjadi insan Ulil Albab dan bertanggung jawab atas terbentuknya tatanan masyarakat yang diridhoi Allah SWT.

“Acara yang bagus, sehingga kita bisa berkenalan dengan teman-teman mahasiswa baru dari kelas yang berbeda dan juga senior di kampus FH UII. Selain itu juga mendapat ilmu mengenai peran aktif mahasiswa sebagai pemuda”, kata Dina Khairunisa, Mahasiswi angkatan 2012.