HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI – MPO) Komisariat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan bakti sosial 3 hari selama Hari Raya Idul Adha. Kegiatan dipusatkan di Banyu Ngantik Kidul, Kecamatan Sentolo, Kulonprogo, yang merupakan desa binaan, 25-27 Oktober 2012.

Hari pertama berupa pembukaan, dilanjut dengan takbir keliling bersama warga setempat menempuh rute keliling desa. Hari kedua, atau pada pagi harinya diadakan shalat Id berjama’ah, diikuti dengan pemotongan hewan qurban yang dibawa rombongan berupa dua ekor sapi dan 10 ekor kambing.

“Hewan-hewan qurban tersebut didapat dari pihak-pihak yang mempercayakan hewan qurbanya untuk disembelih di lokasi baksos HMI FE UII, bahkan satu sapi disumbangkan oleh salah satu masjid untuk dialihkan penyembelihannya di lokasi itu juga,” kata salah seorang panitia baksos HMI FE UII, Rangga.

Acara hari itu juga dihadiri oleh Ketua Umum HMI Cabang Yogyakarta,  Zuhad Aji Firmantoro dan Ketua Umum Koordinator Komisariat Universitas Islam Indonesia Gardha yang sebelumnya juga ikut menginap di lokasi.

Acara hari kedua diakhiri dengan berpartisipasinya kader-kader dalam pendistribusian daging-daging tersebut.

Hari ketiga, digelar bazaar murah untuk warga setempat. Barang-barang yang dijual berupa sembako yang terdiri dari beras, gula, teh, mie bungkus dan pakaian. Semua uang hasil penjualan tersebut dikembalikan lagi untuk kebutuhan di desa tersebut.

Hari keempat, diadakan berbagai perlombaan untuk anak-anak desa. Dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat kompetisi dalam kebaikan, serta sebagai ajang keceriaan anak-anak. Dalam acara yang berlangsung 4 hari itu, warga selalu antusias, sehingga tak jarang panitia kerepotan.

R Permata