HMINEWS.Com – Gubernur Akpol, Irjen Djoko Susilo dinonaktifkan dari jabatannya, menyusul ditetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi simulator SIM Korlantas Polri.

“Tersangka Irjen Pol Djoko Susilo dinonaktifkan dan diganti pejabat sementara Brigjen Pol Dr Bambang Usadi yang sebelumnya menjabat sebagai Wagub Akpol,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Sabtu (4/8/12).

Tidak hanya Djoko, KPK telah menetapkan tersangka lain, yaitu Wakorlantas nonaktif Brigjen Pol Didik Purnomo selaku pejabat pembuat komitmen (PPK), Dirut PT Inovasi Teknologi Indonesia, Sukotjo S Bambang yang diduga menggelembungkan nilai proyek dan Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi, Budi Susanto selaku pemenang tender dan diduga pula menggelembungkan nilai proyek.

Sedangkan Polri sendiri menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut, tiga dari Polri dan dua dari perusahaan rekanan. Empat orang di antaranya sama dengan yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Brigjen Pol Didik Purnomo telah ditahan di Rutan Brimob Kelapa Dua Depok, ditambah AKBP Teddy Rismawan yang bertindak sebagai ketua panitia lelang simulator, dan Kompol Legimo bendahara lelang.

Tersangka Budi Susanto ditahan di Rutan Bareskrim, sementara Sukotjo S Bambang ditahan di Rutan Kebonwaru Bandung. []