HMINEWS.Com – Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-67 meriah di segenap penjuru tanah air, tak terkecuali di Papua. Upacara dan berbagai pertunjukan digelar guna memperingati HUT RI, bahkan hingga tingkat RT/RW di Jayapura.

Pantauan HMINEWS, perayaan HUT Kemerdekaan di Kota Jayapura mulai dari lomba karaoke, balap karung, lomba gaple hingga pertandingan gawang mini.

“Kegiatan ini menunjukkan betapa kondisi keamanan dalam beberapa bulan terakhir telah berakhir, berganti kemeriahan pada masyarakat Kota Jayapura,” kata Pj Gubernur Provinsi Papua, Dr Syamsul Arief Rivai yang menjadi inspektur upacara HUT RI di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura, Jumat (17/8/2012).

Prosesi upacara berjalan dengan khidmat, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Segenap komponen masyarakat menghadiri upacara dan menyaksikan semua pertunjukan yang digelar. Mulai dari Tarian Kolosal Merah Putih, Tarian Muda Mudi Yosim Pancar dengan penari dan musisi 400 orang. Juga aksi terjun payung oleh 20 anggota TNI dan Polri.

Momen tersebut juga bertepatan dengan Milad ke-9 HMI MPO Cabang Jayapura. “Kemeriahan dalam suasana kemerdekaan RI ke 67 tahun ini sangat diharapkan dengan kontribusi berkelanjutan yang nyata dari setiap pemegang amanah rakyat untuk membangun Bumi Cenderawasih yang kita cintai ini,” kata mantan Pj Ketua Umum HMI MPO Jayapura, Anhar.

Anhar