HMINEWS.Com –  Festival Marawis se-Kabupaten Karawang digelar untuk memeriahkan bulan Ramadhan dan HUT Kemerdekaan RI. Dimulai pada pukul 21.00 Wib, acara berlanjut hingga menjelang waktu sahur diikuti 22 grup marawis.

Dalam festival yang diadakan di Masjid Ash-Shiddiq, Kelurahan Adiarsa pada Sabtu (11/8/2012) tersebut, umumnya lagu yang dibawakan adalah lagu-lagu shalawat. Adapun tema penyelenggaraan festival adalah pembentukan karakter bangsa.

Bupati Karawang, Cellica N Diana menyempatkan diri untuk membuka acara secara langsung. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi acara tersebut sebagai salahsatu bentuk dari syiar Islam.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan keagamaan semacam ini. Otomatis kami mendukung apapun bentuk kegiatannya demi Syiar Islam,” sambutnya.

Sementara penyelenggara acara, Remaja Masjid Ash-Shiddiq mengatakan acara tersebut perlu untuk menangkal derasnya arus budaya asing, sehingga karakter dan jatidiri bangsa dapat dipertahankan

“Apalagi untuk Karawang, Kota Pangkal Perjuangan yang tak bisa dipisahkan dari sejarahnya sebagai tempat disembunyikannya Bung Karno untuk memproklamasikan kemerdekaan,” kata pembina Remaja Masjid, Maki Albukhori.

Adapun para pemenang lomba, juara 1 diraih grup Sahabat Kita, juara 2 diraih grup Nurul Fatihah dan juara 3 disabet grup Alkhoiriah.

Asep Riyadi