HMINEWS.Com – Semangat pemuda berorganisasi menjadi tren dan lebih maju. Dari tahun ke tahun jumlah OKP (organisasi kepemudaan)  meningkat signifikan.

“Itu artinya pemuda kita lebih percaya tinggi, berkarakter, dan berdaya saing,” ujar Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, KRT Bambang Trijoko di sela-sela acara buka puasa bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Selasa (24/07/2017).

Menurut Bambang Trijoko, semua itu terjadi karena pemerintah memberi ruang pada pemuda menjalani aktivitas agenda zamannya. Pemerintah juga menyadari bahwa pemuda bisa mengembangkan kapasitas dirinya secara proposional dengan memangku kepentingan kepemudaan di Indonesia.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa organisasi kepemudaan sebagai ‘kawah candradimuka’ (tempat pengemblengan diri) pemuda. Melalui OKP itu pemuda bisa mengaktualisasikan dirinya sebagai pemuda harapan bangsa.

”Pemerintah mencanangkan program buat pemuda Indonesia supaya punya pola pikir yang baik, mind set dan percaya diri positif. Dari situ kita membuat stretegi pengembangan pemberdayaan pemuda dengan meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) yang dapat diandalkan dalam berbagai bidang,” jelasnya.

Ia menenambahkan, revitalisasi OKP mutlak dilakukan untuk menjawab tantangan dan mengatasi permasalahan yang melanda dunia kepemudaan.

”Pemerintah memfasilitasi organisasi dan lembaga kepemudaan dengan menyediakan sarana-prasarana, anggaran, program, bantuan teknis serta konsultatif sehingga lembaga tersebut bisa mencapai kemandirian.”

Hati HMS