HMINEWS.Com – Memerdekakan Palestina sebenarnya mudah jika negara-negara di kawasan Timur Tengah bersatu. Akan tetapi selama ini Palestina sendirian, sehingga upaya mewujudkan kemerdekaan belum membuahkan hasil.

“Dalam berbagai forum antar parlemen, Israel itu kecil, di tengah-tengah negara Timur Tengah. Kalau negara-negara di sana bersatu saya pikir suatu hal yang sederhana untuk bebaskan dan kebebasan Palestina itu,” kata Ketua DPR RI, Marzuki Alie, usai meresmikan Konferensi Internasional Pembebasan Palestina di Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Rabu (4/7/2012).

Menurut Marzuki, selain belum bersatunya negara-negara di Timur Tengah, di internal Palestina sendiri masih terpecah, seperti antara sayap Fatah dengan Hamas yang selalu berseteru.

Ia menyatakan dirinya di forum antar parlemen berulangkali menyuarakan perlunya persatuan negara-negara Arab serta internal Palestina.  “Tapi beberapa bulan lalu mereka sudah menandatangi kesepakatan untuk bersatu,” lanjutnya.

Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina, lanjut Marzuki, sudah menjadi kebijakan luar negeri Pemerintah RI serta merupakan bagian dari amanat konsititusi negara. Kemerdekaan Palestina sudah sepatutnya menjadi perhatian semua pihak di dunia karena bukan lagi mengenai kemerdekaan sebuah bangsa semata, akan tetapi menyangkut hak asasi manusia.

“Konflik yang terjadi di sana telah merampas hak asasi manusia. Sehingga tidak alasan lagi bagi kita semua untuk tidak mendukung kemerdekaan Palestina,” ucapnya.

Antara