HMINEWS.Com – Konferensi Pembebasan Palestina kembali digelar sebagai dukungan masyarakat Indonesia untuk kemerdekaan Palestina. Diadakan di bandung yang merupakan tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika (KAA), dan karena satu-satunya negara peserta KAA yang belum merdeka.

“Dipilihnya Bandung juga karena dulu merupakan tempat berlangsungnya KAA,” kata penggagas konferensi, Yakhsyallah Mansur, Rabu (4/7/2012).

Konferensi diikuti 20 negara seperti Inggris, Yordania, Palestina, Malaysia, Yaman dan Indonesia. Menurut Yakhsyallah, hasil konferensi akan dikirim ke PBB karena pada Oktober mendatang akan berlangsung Sidang Umum PBB.

Sementara Dubes Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi menyatakan sesungguhnya Palestina telah merdeka dan mempunyai pemerintah, parlemen dan universitas serta rakyat sendiri. Akan tetapi Israel menolak mengakui kemerdekaan tersebut.

Menurut Mehdawi sudah ada 135 negara yang mendukung kemerdekaan Palestina. Ia juga menyampaikan penghargaan terhadap dukungan masyarakat Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina, sejak ia mulai bertugas di Indonesia pada 2006, bahkan dukungan Indonesia sudah jauh sebelum iyu.

“Ketika itu, Presiden SBY bertanya kepada saya apa yang bisa Indonesia lakukan untuk kemerdekaan Palestina? Saya mengatakan tentang konferensi Bandung. Pada tahun berikutnya, Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asia Afrika dan seluruh negara yang hadir berjanji untuk mendukung kemerdekaan Palestina,” ucapnya.

Antara